7 Hal Krusial yang Nggak Boleh Kamu Lakuin Saat Mandi Demi Kebersihan dan Kesehatan
Rekanbola –  Mandi adalah satu kegiatan yang kedengarannya sepele banget. Tiap hari kita ngelakuin ini. Sejak kecil kita juga udah diajarin gimana caranya mandi. Iya kan? Cuma setelah dikepoin lebih lanjut, mandi tuh punya banyak aturan loh. Sebagai kegiatan penting demi menjaga kesehatan, ternyata ada banyak hal yang nggak boleh dilakuin tapi justru selama ini kita lakuin. Nah, biar kebiasaan yang salah ini nggak terus berlanjut, simak nih beberapa hal yang dilarang dilakuin saat mandi.

1

Jangan mandi tiap hari

Nggak usah kaget gitu dong. Para ahli emang menyarankan kayak gitu. Kita diminta buat nggak mandi tiap hari. Bukan mau ngajarin jorok atau males. Ada alasan masuk akal nih. Menurut para ilmuwan, terlalu sering mandi bisa menyebabkan kulit jadi kering, gampang iritasi, bakteri baik yang dibutuhkan kulit juga akan hilang, dan bisa meningkatkan resiko infeksi pada kulit.

2

Jangan menggosok kulit kepala dengan kuku

Banyak orang yang dengan penuh semangat menggosok kulit kepala pakai kuku tiap kali keramas. Niatnya sih biar bersih kali yah. Ternyata itu nggak bagus loh. Itu bisa menyebabkan ketombe. Ada baiknya menggosoknya dengan jari-jari aja. Makanya jangan pelihara kuku sampai panjang yah.

3

Mandi setelah olahraga

Jangan nunggu terlalu lama. Setelah olahraga usahain langsung segera mandi. Keringat di kulitmu bisa menyebabkan bakteri berkembang lebih cepat dan banyak. Hal ini bisa mengakibatkan kulitmu jadi kering atau ngalamin masalah lainnya.

5

Jangan lupa cuci handuk

Handuk yang basah bisa jadi tempat yang sangat strategis buat bakteri tumbuh dengan pesat. Untuk itu usahakan buat selalu nyuci handuk sesering mungkin. Menurut seorang microbiologist, handuk maksimal dipakai 3x dan setelah itu harus dicuci.

6

Pakai pelembab

Setelah mandi, jangan lupa buat pakai pelembab kulit. Nggak cuma diwajah aja. Tujuannya biar kulitmu nggak terlalu kering, apalagi kalo kamu selalu mandi pakai air hangat atau panas. Kemungkinan kulit kering akan semakin tinggi.

7

Jangan cuci muka pakai sabun mandi

Kalo sabun wajahmu habis atau ketinggalan, jangan maksain cuci muka pakai sabun mandi. Itu bahaya buat kulit wajah. Akan jauh lebih baik kalo kamu cuci muka pakai air dingin atau air biasa aja. Itu malah lebih aman daripada pakai sabun mandi.

Udah paham yah aturan-aturan soal apa yang boleh dan nggak boleh dilakuin saat mandi. Ternyata banyak hal yang kita lupain yah saat mandi padahal itu penting demi kesehatan kita. Semoga setelah ini kamu nggak lupa lagi deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *