90% Dana Hasil Ekspor Balik ke RI, Ditukar ke Rupiah 25%

Rekanbola – Indonesia saat ini menganut sistem devisa bebas. Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menjelaskan terkait aturan DHE yang telah berjalan tersebut.

“Jadi hasil ekspornya bisa masuk ke Indonesia. Data tersebut menunjukkan rata-rata sudah 90% DHE masuk pencatatan ke Indonesia,” ujar dia di gedung BI, Jakarta Pusat, Jumat (27/7/2018).

Dengan demikian, DHE yang masuk bisa digunakan eksportir untuk keperluan lainnya, misalnya kebutuhan impor.

“Jadi uangnya setelah masuk, pemilik dana (eksportir) mau menggunakan untuk apapun ya tidak ada yang melarang. Misalnya dia mau untuk membayar impor ya silakan, untuk kewajiban lain ya silakan,” ujarnya.

Mirza menambahkan, aturan terkait DHE ini sudah ada sejak 2011. Jadi devisa bebas memang bukan hal baru. Devisa tersebut juga tidak diwajibkan untuk dikonversi ke rupiah.

“Jadi memang tergantung kebutuhan eksportir. Jadi kalau eksportir butuh rupiah sebagian ya dia konversi saja sebagian. Memang tidak ada kewajiban untuk mengkonversi,” ujarnya.

Dia menyebut berdasarkan data BI ada 15-25% DHE yang dikonversi menjadi rupiah. Dari Peraturan Bank Indonesia (PBI) No 16/10/PBI/2014 penerimaan DHE melalui bank devisa,

eksportir harus menyampaikan informasi sesuai yang tercantum pada pemberitahuan ekspor barang (PEB) kepada bank devisa untuk PEB dengan nilai lebih besar dari ekuivalen US$ 10 juta

 

( Sumber : detik.com )

Baca Juga:   Pemerintah Percepat Restitusi Pajak, Ini Syaratnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *