Ada 6 Kandidat Menteri ESDM, Mana Paling Cocok Menurut Anda?

REKANBOLA – Sektor energi merupakan sektor yang penting. Sebab itu, perlu orang terbaik untuk menduduki posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Terkait hal itu, detikers punya kesempatan untuk membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Menteri ESDM terbaik lewat polling ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’. Polling ini digelar dari 10 hingga 30 September 2019.

Ada enam kandidat yang bisa dipilih detikers. Enam kandidat ini berasal dari ratusan nama yang telah diusulkan detikers lewat survei Bantu Jokowi Cari Menteri. Nama-nama itu telah dibahas oleh tim pakar dalam focus group discussion (FGD) dan telah finalisasi oleh redaksi.

Dari enam orang, nantinya akan dikerucutkan tiga nama plus inkumben yang akan diserahkan ke Kepala Negara sebagai hasil program ini.

Polling ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’ dapat diakses laman polling ini. Caranya mudah, yakni pilih kementerian. Lalu pilih tokoh yang dinilai tepat untuk mengisi posisi menteri tersebut.

Berikut enam nama calon Menteri ESDM non-inkumben yang bisa dipilih lewat polling

1. Faisal Basri

Ia lebih kenal sebagai ekonom senior. Namun, pria kelahiran 6 November 1959 ini pernah ikut serta bersama pemerintah memberantas mafia migas. Di pemerintahan Jokowi, ia pernah ditunjuk sebagai Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas.

2. Dwi Soetjipto

Saat ini menjabat sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Sebelum di SKK Migas ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) dan Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

3. Amien Sunaryadi

Amien merupakan Mantan Kepala SKK Migas. Sebelum di SKK, ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saat ini, Amien dipercaya sebagai Waki Komisaris Utama PT Freeport Indonesia (PTFI).

Baca Juga:   Pemerintah Optimistis Skor EoDB Melonjak Signifikan

4. Erick Tohir

Ia merupakan pendiri Mahaka Group yang menaungi sejumlah media. Ia juga sempat menjadi pemilik klub sepak bola Inter Milan. Pada pemilu kemarin, ia dipercaya menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan
berhasil mengantarkan Jokowi kembali terpilih.

5. Arcandra Tahar

Arcandra saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri ESDM di Pemerintahan Jokowi. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Menteri ESDM walaupun dengan waktu yang singkat, hanya 20 hari.

6. Satya Widya Yudha

Punya banyak pengalaman di industri migas, baik dalam dan luar negeri. Ia tercatat pernah berkarir di Atlantic Richfield Company (ARCO) dan British Petroleum (BP). Namun, saat ini ia terjun di politik sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI.