Ada E-Visa Gratis, Indonesia & India Bakal Makin ‘Mesra’

Rekanbola – Pemerintah India akhirnya resmi memberlakukan visa elektronik (e-Visa) gratis untuk warga negara Indonesia (WNI) terhitung sejak hari Senin (18/6/2018). Keputusan itu pun disambut baik oleh Kementerian Luar Negeri yang berharap keberadaan e-Visa gratis dapat meningkatkan konektivitas dan interaksi antar individu (people-to-people contact) Indonesia dan India.

“Tentunya ini suatu reciprocal [timbal balik] dan kita harapkan bisa meningkatkan pariwisata dari dua negara karena salah satu peningkatan pariwisata yang terbesar di Indonesia adalah dari turis India,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir selepas acara press briefing hari Jumat (22/6/2018).

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia selama periode Januari-Februari 2018 mencapai 2,3 juta kunjungan, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), dan sebanyak 42.680 kunjungan berasal dari turis India.

Wacana e-Visa gratis akhirnya terwujud setelah sempat diutarakan langsung oleh Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi saat mengunjungi Indonesia bulan lalu. Sebelumnya, WNI harus membayar US$48 (Rp 676.706) untuk memperoleh e-Visa ke India.

Untuk mengajukan e-Visa, para pelancong bisa mengunjungi tautan Indian Visa Online di situs kedutaan besar India. Dokumen utama yang perlu dipersiapkan adalah pindaian (scan) lembar bio paspor dan pas foto untuk kemudian diunggah di situs tersebut.

Terdapat tiga sub-kategori visa yang bisa diajukan melalui e-Visa, yakni e-Tourist Visa untuk perjalanan wisata, e-Medical Visa untuk keperluan pengobatan atau perawatan kesehatan, serta e-Business Visa untuk urusan bisnis.

Pelancong yang ingin mengajukan e-Visa dapat melakukannya secara online (daring) minimal empat hari sebelum tanggal kedatangan. Masa berlaku e-Tourist Visa dan e-Business Visa adalah 60 hari terhitung sejak tanggal kedatangan, sementara pemegang e-Medical Visa diberikan izin tiga kali masuk ke negara itu.

Baca Juga:   Bangkai Bus Dievakuasi, Jalan Bandung-Garut Contraflow

Para pelancong bisa menggunakan e-Visa untuk masuk ke India melalui 25 bandara yang ditunjuk, seperti Jaipur, Kolkata, Mumbai dan Varanasi. Bagi pengunjung yang menggunakan kapal juga bisa masuk melalui lima pelabuhan yaitu Cochin, Goa, Mangalore, Mumbai dan Chennai. Meskipun begitu, para wisatawan mancanegara bisa keluar dari semua Pos Pemeriksaan Imigrasi (Immigration Check Posts/ICPs) resmi di India.

(Sumber : cnbcindonesia.com)