Ada Pengguna Samsung Galaxy S10 yang Keluhkan Bug di Layar

REKANBOLA – Dua bulan setelah Samsung Galaxy S10 diluncurkan, muncul keluhan pengguna. Ada yang mengaku layar ponselnya yang tidak mau mati ketika ditaruh di dalam saku.

Pengguna Galaxy S10 meluapkan keluhan itu lewat forum komunitas Samsung dan Reddit. Mereka khawatir gangguan ini akan berdampak kepada baterai smartphone ikut terkuras.

Penyebab dari gangguan ini sendiri adalah tidak berfungsinya sensor jarak atau proximity sensor, yang lazim hadir di ponsel layar sentuh. Fungsi sensor ini adalah untuk mematikan layar secara otomatis jika menyentuh telinga saat menelepon atau saat berada di dalam saku.

Pengguna Galaxy S10 yang komplen mengatakan, sensor tersebut bekerja jika smartphone didekatkan ke telinga untuk menelepon. Tapi jika smartphone ditaruh di saku maka sedikit sentuhan dari paha, melalui kain di saku celana, akan dengan mudah membangunkan layar.

Akibatnya, perangkat menghabiskan baterai karena layar yang terus menyala dan pengguna tidak sengaja memencet tombol di lock screen.

Salah satu pengguna yang mengeluh itu bahkan melaporkan ponselnya secara tidak sengaja menelepon nomor gawat darurat di Eropa, ‘112’, saat Galaxy S10 milik-nya sedang berada di saku.

“Entah bagaimana, smartphone saya menekan ‘112’ saat ditaruh di saku saat sedang di kantor. Dan ketika sampai di rumah, saya diberitahu bahwa polisi datang ke rumah saya untuk menanyakan keadaan darurat,” tulis pengguna tersebut.

Moderator yang mengatur forum komunitas Samsung, menyarankan pengguna Galaxy S10 untuk mematikan fitur touch-sensitivity di smartphone mereka.

Selain itu, pengguna Reddit juga menyarankan untuk mengaktifkan ‘accidental touch protection’ untuk mencegah layar smartphone menyala secara tidak sengaja. Tapi beberapa pengguna juga melaporkan solusi ini tidak mempan.

Baca Juga:   SpaceX Siap Luncurkan Roket Teranyarnya