‘Ada Udang Di Balik Batu’ dalam Kesepakatan antara Juventus dan Genoa Soal Transfer Sturaro

REKANBOLA – Juventus mengumumkan kepindahan Stefano Sturaro ke Genoa dengan status permanen belum lama ini. Namun, publik dibuat bertanya-tanya lantaran transfer tersebut dianggap sebagai suatu hal yang terlalu bagus untuk menjadi nyata.

Awalnya, dekat penghujung bursa transfer musim dingin kemarin, Juventus dan Genoa menyepakati kepindahan Sturaro dengan status pinjaman. Sebelum itu, Sturaro juga sedang menjalani masa pinjaman bersama klub Portugal, Sporting CP.

Namun tak lama berselang, Juventus mengumumkan bahwa Genoa telah mengaktifkan opsi pembelian permanen atas gelandang berumur 25 tahun itu. Yang lebih mengejutkannya lagi, I Rossoblu bersedia membayar sebesar 18 juta euro.

 

Kepindahan Sturaro Diragukan

Proses transfer tersebut jelas membuat publik, terutama penggemar Juventus, sedikit terkejut. Wajar saja, sebab Sturaro bukanlah pilihan utama ataupun sosok yang dianggap memiliki prospek panjang jika dilihat dari performanya dalam bebrapa musim terakhir.

Musim 2017-2018, Sebelum angkat kaki dari Juventus Stadium, Sturaro hanya mencatat 19 penampilan di semua kompetisi. Sebagian besar ia lakoni dengan status pengganti. Ia menjadi pilihan kesekian dari daftar gelandang Juventus.

Belum lagi masalah kebugarannya. Diketahui bahwa pemain kelahiran Sanremo, Italia, tersebut juga tidak bermain sejak bulan Agustus lalu. Alasannya adalah cedera Achilles Tendon yang membuatnya harus menghabiskan waktu lebih banyak di ruang perawatan.

Dua fakta di atas sudah cukup untuk membuat publik jadi yakin dengan transfer Stuaro. Lantas, mengapa Genoa bersedia membayar Juventus sedemikian lamanya hanya untuk membuatnya menjadi pemain termahal di klub saat ini?

 

Ada Kesepakatan Terselubung

Menurut Calciomercato.com, ada perjanjian terselubung dalam kesepatakan peminjaman Juventus dan Genoa. Genoa disebut wajib mengubah opsi pembelian menjadi wajib beli setelah mendapatkan poin pertamanya setelah peresmian transfer.

Baca Juga:   Januari, Krzysztof Piatek Gabung Juventus?

Nama Sturaro sendiri ikut disertakan dalam dua laga terakhir Genoa kontra Empoli dan Sassuolo. Dalam laga kontra Empoli, yang digelar pada tanggal 29 Januari kemarin, berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk Genoa.

Pada waktu yang sama, Juventus diyakini juga memiliki kesepakatan yang sama dengan Genoa soal Luca Zanimacchia, pemain pinjaman dari Genoa dan sedang bermain di Juventus U-23. Bianconeri disebut telah mengaktifkan opsi pembelian pemain berumur 20 tahun itu.

Proses transfer yang sedikit berbelit ini bukan pertama kalinya terjadi di Serie A. Peserta lainnya, Chievo Verona, pernah tersangkut kasus peminjaman dengan Cesena yang mengalami kebangkrutan hingga harus mengawali musim dengan hukuman potongan tiga poin.