Agya Ingin Ikut Dipasang Turbo Juga, Toyota?

REKANBOLA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja melakukan uji coba terhadap varian Ayla bermesin turbo. Pengujian ini dilakukan langsung oleh tim Research and Development beserta awak media di area Tes Course Daihatsu di Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/3/2019).

Melalui uji coba tersebut, Ayla Turbo menghasilkan lonjakan tenaga menjadi 200 hp dengan tarikan torsi sebesar 242 Nm. Dari spesifikasi dapur pacu tersebut, Ayla Turbo mampu mencapai berlari dari 0 sampai 100 km-per-jam dalam waktu sekitar 10,3 detik saja.

Ayla sendiri sebenarnya merupakan produk sharing platform Daihatsu bersama Toyota. Di Toyota, mobil ini diberi nama ‘Agya’. Desain eksterior dan spek mesinnya kurang lebih sama dengan Ayla. Nah, dengan ditesnya Daihatsu Ayla Turbo, apakah nantinya Toyota juga bakal membuat mobil konsep Agya Turbo?

“Kami sih belum ada ya. Tidak selalu seperti itu ya (launching produk sama) karena kan basic-nya kami kerja sama di development dan produksi, tapi secara marketing kan tetap berjalan sendiri-sendiri,” ungkap Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi, kepada wartawan di Menteng, Jakarta Pusat.

Pihak TAM sendiri untuk saat ini belum melihat kebutuhan konsumen akan mobil mesin turbo di segmen tersebut. Akan tetapi, Toyota pasti akan melakukan riset dan pengembangan jika ada kebutuhan seperti itu.

“Sementara ini belum ada rencana (Agya Turbo), itu kan memang plan-nya Daihatsu ya, jadi kami gak bisa komen. Kalau kebutuhan konsumen pasti akan kami penuhi, tapi sejauh ini belum ada rencana,” tegas Anton.

Baca Juga:   Toyota Fokus Penuhi Inden All-New Rush