Apple Diprediksikan Pangkas Produksi iPhone di Kuartal II 2019, Ada Apa?

REKANBOLA – Analis Rosenblatt, Jun Zhang, memprediksi Apple akan memangkas produksi iPhone pada kuartal II tahun fiskal perusahaan, yakni Januari-Maret 2019. Produksi iPhone akan dipangkas sebesar empat juta unit.

Dilansir Phone Arena via Rekanbola.com, Minggu (23/12), prediksi Zhang berdasarkan peluang besar melemahnya penjualan iPhone di Tiongkok.

Namun, melemahnya penjualan bukan disebabkan pemblokiran penjualan iPhone yang melanggar paten Qualcomm di negara tersebut, melainkan imbas dari perkara penangkapan petinggi Huawei beberapa waktu lalu di Kanada.

Seperti diketahui, kepala keuangan Huawei, Meng Wanzhou, beberapa waktu lalu ditangkap di Kanada dan direncanakan akan diekstradisi ke AS karena diduga telah melakukan perdagangan ilegal dengan Iran. Huawei dinilai telah melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Wanzhou sempat ditahan selama beberapa hari, setelah akhirnya diputuskan bebas dengan uang jaminan 10 juta dolar Kanada. Selain itu, juga ada sejumlah syarat yang harus dipatuhi.

Penangkapan petinggi Huawei itu disebut memicu munculnya gerakan dukungan untuk perusahaan. Mitra penyuplai Huawei, Menpad, dilaporkan akan mendenda karyawan yang membeli iPhone.

Selain itu, Menpad juga akan memberikan subsidi jika karyawan membeli ponsel buatan perusahaan-perusahaan asal Tiongkok, termasuk Huawei. Sejumlah perusahaan lain di Tiongkok diduga melakukan hal yang sama.

Sejauh ini, belum bisa dipastikan seberapa besar gerakan nasionalisme di Tiongkok akan memengaruhi penjualan iPhone.

Namun karena hal tersebut, Zhang memperkirakan Apple akan memangkas produksi iPhone XR sebanyak 2,5 juta unit, iPhone XS sebanyak 1 juta unit, dan iPhone XS Max sebanyak 500 ribu unit, sepanjang Januari hingga Maret 2019.

Baca Juga:   Simona Halep Sadari Resiko Berkompetisi Tanpa Pelatih