Astronaut Laporkan Air di Toilet ISS Bocor

REKANBOLA – Astronaut Rusia yang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) melaporkan adanya kebocoran lebih dari 10 liter air di toilet pada Jumat (1/2).

Akibat kebocoran ini, tumpahan air dilaporkan menjalar ke area mikrogravity di dalam ISS. Astronaut yang bertugas di ISS dilaporkan harus bekerja ekstra membersihkan kebocoran menggunakan handuk.

“Rekan kami melaporkan ada insiden pada Jumat. Para astronaut membersihkan air dari kebocoran. Seluruh kru membersihkan air yang tumpah menggunakan handuk,” tulis salah satu sumber kepada Sputniknews.

Kebocoran air di toilet ini dilaporkan terjadi setelah ditemukan lubang misterius pada kapsul yang menempel di ISS pada Agustus lalu. AS sempat menuding kasus ini sebagai sabotase Rusia.

Untuk membuktikan kebenaran hal itu, kosmonaut Rusia Oleg Kononenko dan Sergey Prokopyev pada 11 Desember lalu memastikan telah memperbaiki lubang tersebut saat sedang berjalan di luar angkasa (spacewalk).

Kru memastikan telah menutup lubang menggunakan epoksi dan kain kasa. Sementara beberapa bagian lubang misterius diambil sebagai sampel untuk dikirim ke Bumi untuk tahap penyelidikan lebih lanjut.

Alexander Gerst dari Lembaga Antariksa Eropa (ESA) sempat mengatakan jika lubang yang ada di ISS tidak mengancam keselamatan para astronaut.

Kepala Rocosmos, Dmitry Rogozin menyebut kemungkinan lubang dibuat ketika kapsul tengah dibuat atau ketika di orbit. Rogozin sudah tak menyalahkan anggota kru pesawat, tetapi pernyataan itu telah menyebabkan gesekan antara Roscosmos dan NASA

Baca Juga:   5 Prediksi Kelebihan Utama Android P yang Bisa Segera Kamu Rasakan