Aturan Penting dalam Membersihkan Wajah dari Ahli

REKANBOLA – Dikenal sebagai dermatolog sekaligus penulis buku The Skincare Bible, Dr Anjali Mahto memiliki berbagai aturan penting yang perlu diketahui setiap perempuan, khususnya soal rutinitas membersihkan wajah. Karena meski menjadi aktivitas sehari-hari dan dilakukan semua orang, tetapi membersihkan wajah secara sembarang bisa memancing berbagai masalah kulit di kemudian hari.

Untuk mencegah masalah kulit terjadi, ada baiknya untuk mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan saat mencuci wajah, seperti saran Dr Mahto yang dikutip dari bukunya, The Skincare Bible berikut ini.

1. Bersihkan wajah secara menyeluruh di malam hari

Membersihkan wajah setidaknya dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan malam hari. Dan khusus untuk di malam hari, kamu perlu melakukannya dengan menyeluruh dan pastikan kulit sudah benar-benar terbebas dari kotoran, debu, sisa produk sunscreen hingga makeup yang dikenakan di siang hari.Menurut Dr Mahto, tidak membersihkan wajah secara maksimal di malam hari, dapat mengakibatkan berbagai masalah kulit seperti breakout, hingga memancing terjadinya penuaan dini

2. Face Wipes hanya digunakan dalam kondisi darurat

Bagi Dr Mahto membersihkan wajah dengan face wipes hanya boleh dilakukan pada saat mendesak, atau ketika tidak ada pilihan lain yang lebih baik. Karena menurut Dr Mahto face wipes tidak mampu menggantikan proses membersihkan wajah dengan air dan produk pembersih. Selain itu face wipes tidak mampu membersihkan secara menyeluruh karena hanya menyapukan kotoran dan sisa makeup di permukaan kulit wajah sekaligus rentan membuat kulit mengalami iritasi.

3. Perhatikan suhu air yang digunakan untuk mencuci wajah

Temperatur suhu yang digunakan untuk membersihkan wajah juga penting untuk diperhatikan. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif maupun kering. Pastikan suhu air tidak terlalu panas atau dingin (suam-suam kuku). Karena air yang suhunya terlalu dingin tidak efektif dalam membersihkan minyak di wajah sedangkan air yang terlalu panas bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

Baca Juga:   Ningxuan Chen, Asisten Dokter Gigi Yang Siap Bikin Kamu Jatuh Hati

4. Hindari langsung mengaplikasikan produk pembersih pada wajah yang kering

Jangan pernah mengaplikasikan langsung produk pembersih pada kulit wajah yang kering. Sebaiknya basahi wajah terlebih dahulu dan usapkan produk pembersih di telapak tangan sebelum menggunakannya pada area kulit wajah. Hal ini akan membantu menjaga sensitivitas kulitmu sehingga tidak mudah iritasi.

5. Jangan menggosok wajah

Kebiasaan menggosokan handuk pada wajah seteleh selesai membersihkannya bisa membuat kulit rentan mengalami iritasi, lho. Jadi alih-alih menggosok, sebaiknya kamu cukup menepuk handuk secara perlahan untuk membersihkan sisa air di kulit wajah.