Begini Wujudnya, Sepeda Motor Buatan Produsen Mobil ‘James Bond’

REKANBOLA – Nama Aston Martin dikenal sebagai salah satu produsen mobil kencang di dunia. Tak hanya itu, beragam produknya juga kerap terlihat di layar lebar, lantaran dipakai sebagai properti utama dalam syuting film agen rahasia Inggris 007 James Bond.

Kini, merek otomotif Inggris tersebut kembali membuktikan kemampuan para insinyurnya dalam merancang sebuah kendaraan. Hebatnya, produk yang dihasilkan bukan menggunakan roda empat, melainkan sepeda motor sport berpenampilan gahar.

Aston Martin menggandeng perusahaan otomotif roda dua Brough Superior, resmi meluncurkan motor baru bernama AMB 001. Seremoni dilakukan di pameran otomotif EICMA di Milan, Italia. Sepeda motor ini diklaim kedua perusahaan hanya untuk pehobi kendaraan bermotor roda dua,dan hanya akan diproduksi 100 unit saja.

Executive Vice President and Chief Creative Officer  Aston Martin, Marek Reichman mengatakan, sebuah kebanggan bisa melihat logo sayap Aston Martin berada di atas bodi sepeda motor sport, yang dirancang oleh tim profesional.

“Produk ini kami yakini sebagai yang terdepan, dan merupakan sepeda motor yang benar-benar indah, bahkan bisa disebut sebagai  sebuah karya seni dari desain kendaraan,” ujarnya seperti dilansir dari Visordown, Kamis 7 November 2019.

Dilihat dari bentuknya, motor ini memiliki desain yang sangat aerodinamis mulai dari depan sampai belakang. Kesan mewah bisa dilihat dari penggunaan jok dan handle grip yang berwarna coklat, membuatnya terlihat elegan. Sementara bodinya secara keseluruhan dibuat dari serat karbon.

Motor baru Aston Martin AMB 001

AMB 001 dirancang menggunakan mesin konfigurasi V berkapasitas 997cc, yang dilengkapi turbo. Jantung penggerak itu memiliki tenaga 180 dayakuda. Tak heran jika produsen otomotif Inggris itu mengimbanginnya dengan roda besar dan rem yang dirancang khusus.

Baca Juga:   PA 212: Habib Rizieq Pulang Kalau Pemerintah Tak Usil Lagi

Sepeda motor pertama Aston Martin itu akan lahir dari pabrik  Brough Superior di Toulouse, Perancis. Untuk menebus satu unit motor kencang ini, konsumen harus merogoh kocel 108 ribu euro atau setara Rp1,67 miliar. Aston Martin AMB 001 mulai dikirim pada tahun depan, dan sayangnya motor ini tidak legal dikendarai di jalan.