Bertemu Barca, MU Sudah Tahu Cara Terbaik untuk Menghentikan Messi

REKANBOLA – Manchester United menghadapi tugas berat di Liga Champions musim 2018/19 ini. Setelah bekerja keras menyingkirkan PSG di partai 16 besar beberapa waktu lalu, Setan Merah harus menghadapi Barcelona di perempat final, tim yang jelas dihindari semua kontestan lainnya.

MU terus berkembang sejak ditangani Ole Gunnar Solskjaer. Beberapa bulan lalu, tidak ada yang percaya bahwa MU bisa mengalahkan PSG dan melangkah ke perempat final, tapi mereka berhasil melakukannya.

Kini, tugas mustahil lainnya menanti MU di perempat final. Mereka membutuhkan keajaiban lainnya untuk menyingkirkan Barcelona dengan Lionel Messi-nya.

Meski demikian, tampaknya MU tidak perlu terlalu cemas. Beberapa tahun lalu, pelatih legendaris MU, Sir Alex Ferguson pernah menerangkan cara menghentikan Lionel Messi dan Barcelona.

Bagaimana caranya? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya.

Menghentikan Messi

MU-nya Ferguson sudah pernah melawan Messi-nya Barcelona di final Liga Champions 2009 dan 2011, Setan Merah takluk di kedua laga tersebut. Sebab itu, Ferguson ternyata sudah menyiapkan taktik khusus untuk menghentikan Messi.

Taktik inilah yang mungkin boleh dicoba Solskjaer saat MU menghadapi Messi dan Barcelona bulan depan. Tentu dengan beberapa penyesuaian.

“Untuk mengalahkan Barcelona dalam siklus itu, anda membutuhkan bek tengah yang sangat positif,” tulis Ferguson pada autobiografinya, dikutip dari tribalfootball.

“Rio dan Vidic berada di usia di mana mereka lebih senang mempertahankan ruang kosong. Tidak ada yang salah dengan itu. Cukup benar. Namun, melawan Barcelona, pendekatan itu terbatas.”

Langsung Menghadapi Messi

Beberapa tim Premier League memang senang bertahan dengan mengawasi ruang kosong, alias zone marking. Namun, Ferguson menyadari bahwa saat melawan Barca, mereka memerlukan bek yang berani langsung berhadapan dengan Messi.

Baca Juga:   Pemain Inti Bermasalah, Timnas Denmark Siapkan Pemain Futsal

“Anda membutuhkan bek tengah yang siap untuk langsung mendekati Messi serta tidak mencemaskan apa yang terjadi di belakang dia. Ya, Messi akan bermain menyamping. Itu tidak masalah. Dia tidak terlalu mengancam di samping daripada saat di tengah.”

“Ketika kami menghadapi Messi lagi di Liga Champions, saya akan menempatkan [Phil] Jones dan [Chris Smalling], atau Smalling dan Evans tepat di depan Messi. Saya tidak akan membiarkan dia menyiksa kami lagi,” tutup Ferguson.