Bikin Iri, Tunjukkan SIM Cuma Keluarkan HP di Negara Ini

Rekanbola – Di beberapa negara sudah ada Surat Izin Mengemudi (SIM) digital. Kalau disemprit polisi, tinggal keluarkan ponsel untuk menunjukkan SIM.

SIM digital akan diaplikasikan di India, tepatnya di negara bagian Maharashtra. Pemerintah Maharashtra akan mengeluarkan format digital SIM, surat registrasi dan izin untuk kendaraan komersial. Dokumen digital itu disahkan sebagai dokumen asli.

Keputusan ini hadir setelah pemerintah pusat India mengubah peraturan kendaraan bermotor dengan mewajibkan semua dokumen yang terkait dengan kendaraan bermotor disimpan di platform berbasis cloud pemerintah bernama Digilocker.

Dokumen yang disimpan di cloud itu menjadi legal dan menjadi dokumen yang sah oleh semua instansi pemerintah India.Menurut seorang pejabat dari kantor komisaris transportasi, kalau diminta untuk menunjukkan dokumen berkendara oleh polisi lalu lintas, pengendara cukup mengaktifkan ponsel dan menampilkan SIM yang ada di Digilocker.

Pengendara jadi tidak perlu khawatir kalau SIM hilang, rusak atau lupa dibawa. Dengan format digital, dokumen-dokumen ini akan mudah diakses melalui Digilocker.

SIM yang ditampilkan di ponsel itu bukan berupa SIM fisik yang difoto. Tapi, SIM digital itu merupakan salilan yang ditandatangani secara elektronik dan kemudian disimpann kee dalam aplikasi DigiLocker.

 

( Sumber : detik.com )

Baca Juga:   Isyarat Suzuki Lahirkan Pesaing Nmax dan PCX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *