Bikin Mobil Listrik, Esemka Rekrut Putra Petir Ricky Elson?

REKANBOLAIndonesia resmi memasuki era kendaraan listrik, usai Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan elektrifikasi kendaraan berbasis baterai. Banyak produsen kendaraan akhirnya mulai menawarkan produk berbasis setrum mereka.

Sebagai pendatang baru di industri otomotif nasional, Esemka juga tak mau ketinggalan. Usai resmi meluncurkan mobil perdana berwujud pikap dan memamerkan sport utility vehicle, kini perusahaan tersebut berencana mengembangkan mobil listrik.

Hal itu diketahui, dari unggahan di akun Instagram @esemka_official. Melalui laman tersebut, Esemka dikabarkan telah memiliki divisi electric Vehicle atau EV.

Untuk mempercepat pengembangan, Esemka disebut akan merekrut dua ahli yang pernah membuat heboh dunia otomotif Indonesia, yakni Ricky Elson dan bengkel modifikasi Kupu-Kupu Malam.

Ricky adalah seorang warga Indonesia, yang pernah bekerja di sebuah perusahaan di Jepang. Ia menekuni bidang pembuatan dinamo listrik, dan memegang beberapa paten.

Keahliannya menarik minat Menteri BUMN kala itu, Dahlan Iskan. Ricky dan beberapa orang lain diajak, untuk mengembangkan mobil listrik di Indonesia.

Ricky dan rekan-rekannya diberi sebutan Putra Petir, dan sukses membuat Tuxuci. Namun, pengadaan dana untuk proyek itu disorot oleh Kejaksaan Agung, dan akhirnya terhenti.

Bersama Kupu-Kupu Malam, Ricky juga sempat mengembangkan Selo, mobil sport bertenaga listrik. Karena minimnya dukungan dari dalam negeri, akhirnya proyek tersebut dijual ke seorang pengusaha di Malaysia.

Baca Juga:   Sebelum Mobil Listrik, Indonesia Sebaiknya Pakai Hybrid Dulu