Bir Ramah Lingkungan Ini Dibuat Dari Air Limbah

Rekanbola – Bukan diracik dari air, malt, atau ragi. Produsen bir asal Swedia ini, luncurkan bir ramah lingkungan yang terbuat dari air limbah.

Untuk memperbaiki lingkungan, di tengah krisisnya masalah kekurangan air yang terus meningkat. Chris Thurgeson, selaku pembuat bir di Nya Carnegiebryggeriet, memutuskan untuk mendaur ulang air limbah. Menjadi minuman yang dapat dijual, dan aman dikonsumsi banyak orang.

Bir Ramah Lingkungan Ini Dibuat Dari Air Limbah

“Produsen sekaligus konsumen harus berani berpikir beda, jika kita ingin merawat sumber daya alam,” tutur Chris kepada Chowhound (01/06), mengenai gagasannya untuk membuar bir dari air limbah yang dianggap kotor dan tidak sehat.

Tentu saja air limbah ini telah melalui proses daur ulang yang panjang. Sebelum digunakan menjadi bahan dasar minuman, air limbah ini telah disaring dan dimurnikan. Meski banyak orang yang berpikir bahwa air daur ulang dari limbah, tidak aman untuk diminum tapi bir ini telah melalui proses uji lab.

Bir Ramah Lingkungan Ini Dibuat Dari Air Limbah

“Air daur ulang, sama bersihnya dan aman seperti air keran biasa,” tutur Staffan Filipson, selaku Swedish Enviromental Research Institute yang berkerja sama dalam membuat bir limbah ini. Gagasan meminum air limbah ini membuat banyak orang merasa enggan untuk mencobanya, sehingga mereka merubahnya menjadi bir.

Produk bir limbah ini akan resmi menjadi varian bir terbaru dari Nya Carnegiebryggeriet, yang akan diberi nama ‘PU:REST’. Nya Carnegiebryggeriet sendiri merupakan produsen bir berbasis di Stockholm, Swedia yang memproduksi varian bir terkenal.

Bir Ramah Lingkungan Ini Dibuat Dari Air Limbah

Sebenarnya Nya Carnegiebryggeriet, bukan satu-satunya yang mengolah air limbah menjadi air aman dan bersih untuk digunakan. Sejak California mengalami kekeringan air, banyak yang telah mengonsumsi air daur ulang di wilayah Orange County sejak tahun 2008 lalu.

Baca Juga:   10 Pelesetan garing nama Marko Simic ini bikin terpaksa ketawa

Selain itu Namibia juga mendaur ulang air limbah dalam skala besar, untuk digunakan sehari-hari. Sehingga keamanan dan kebersihan dari air daur ulang ini tidak perlu diragukan.

Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut tentang kapan bir limbah ini akan dijual bebas di pasaran.

 

 

(Sumber : detik.com)