BMW Rilis Sedan yang Sempat Ditawarkan jadi Tunggangan Jokowi

REKANBOLA –  BMW Seri 7 versi long wheelbase, kini punya wajah baru. Model basis M760Li High Security antipeluru yang pernah ditawarkan buat jadi mobil dinas Presiden Jokowi ini diluncurkan di Jakarta, Kamis (10/10).

Generasi keenam Seri 7 versi terbaru ini perubahannya kadar facelift. Ada dua pilihan varian yang ditawarkan, 740Li Opulance dan 730Li M Sport. Khusus 730Li M Sport merupakan varian baru dengan aura sport yang lebih kental.

Secara keseluruhan perubahan pada Seri 7 facelift ini terdapat di eksterior, interior, dan fitur-fitur. Pada eksterior beda paling kelihatan dari model sebelumya adalah gril yang membesar sekitar 40 persen.

Selain itu wajah Seri 7 semakin modern dengan fitur laserlight pada lampu depan yang jangkauan sinarnya mencapai 560 m. Selain itu ada perubahan detail lainnya seperti pada saluran udara, aplikasi chrome, lampu belakang tiga dimensi, dan pelek.

Interior Seri 7 dirancang seperti kabin pesawat kelas bisnis yang dibubuhi pelapis Alcantara, kulit Nappa, motif kayu, yang dirancang detail dan presisi. Jok belakang dirancang dengan desain eksekutif buat menampung bos perusahaan ataupun pejabat top pemerintahan.

Varian 740Li Opulance dibekali mesin 6-silinder 3.000 cc turbo ganda yang punya 340 tenaga kuda, itu lebih besar 14 tenaga kuda dibanding sebelumnya. Torsi yang dihasilkan mesin ini 450 Nm dan mampu dipacu 0-100 km per jam dalam waktu 5,6 detik.

Sedangkan varian 730Li M Sport punya mesin 4-silinder 2.000 cc turbo ganda dengan tenaga 265 tenaga kuda dan torsi 400 Nm. Tenaga itu lebih besar 7 tenaga kuda dari sebelumnya hingga buat menempuh 0-100 km per jam hanya butuh 6,3 detik.

Kedua varian itu memiliki fitur standar suspensi udara adaptif, Parking Assistant 2.0 termasuk Reversing Assistant, dan Remote Controlled Parking.

Baca Juga:   Mobil Audi Group, BMW, Daimler Kini Bisa Saling Bicara

Banderol 740Li Opulance Rp2,299 miliar, sedangkan 730Li M Sport Rp1,829 miliar. Kedua harga itu tercatat off-the-road. Di pasaran, Seri 7 bakal bersaing dengan Mercedes-Benz S-Class, Audi A8, serta Lexus LS.

Vice President of Sales BMW Indonesia Bayu Riyanto mengatakan Seri 7 terbaru cocok dibeli orang-orang yang sudah mapan, misalnya bos perusahaan atau pengusaha dengan bisnis besar.

Menurut Bayu kini konsumen kelompok itu punya dua pilihan ‘mobil luxury’ merek BMW, yaitu SUV X7 dan sedan Seri 7 yang sudah disegarkan.

“Sebetulnya kami mau menyatakan BMW tetap eksis di segmen premium terutama yang level atas. Seri 7 ini lebih ke luxury ya, kalau premium kan bicara 5 series, 3 series,” kata Bayu.

“Selain X7, kita juga punya Seri 7 yang lebih dulu dijual, jadi pemilihan itu lebih gampang buat konsumen. Ada SUV X7 dan sedan Seri 7,” tutup Bayu.