BNPB: Akses jalan ke lokasi bencana di Sulteng sudah bisa dilalui

Rekanbola – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan akses jalan darat menuju lokasi bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah sudah dapat dilalui. Terbukanya jalan menuju lokasi bencana diharapkan dapat mempercepat proses evakuasi dan distribusi logistik untuk korban.

“Akses ke Mamuju, Poso, Palu semuanya sudah bisa dilalui kendaraan, artinya apa, jalan untuk bantuan logistik untuk mempercepat dalam proses evakuasi. Trans Sulawesi sudah bisa ditembus,” jelas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Kantor BNPB Jakarta Timur, Kamis (4/10).

Sutopo menjelaskan, bantuan logistik untuk korban gempa dan tsunami Sulteng terus berdatangan. Bantuan logistik tersebut diberikan menggunakan pesawat udara, kapal laut, dan melalui jalur darat.

Sutopo mengatakan Pelabuhan Pantolan sudah mulai beroperasi dengan normal dan berfungsi untuk penumpang maupun gudang bantuan logistik. Menurut dia, masyarakat bisa yang ingin dievakuasi dari Palu bisa melalui Pelabuhan Pantolan.

Sementara itu, untuk jalur udara, Bandara Mutiara Al Jufri juga telah berfungsi untuk penerbangan komersial, jarak pendek, dan pesawat Hercules.

“Masyarakat yang ingin dievakuasi keluar dari wilayah Palu yang tidak bisa menggunakan pesawat karena keterbatasan daya angkut diangkut dengan menggunakan kapal Pelni atau kapal yang lain yang daya muatnya bervariasi, menyesuaikan,” tutup Sutopo.

Baca Juga:   Rehabilitasi dan Rekonstruksi Lombok Selesai Tahun Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *