Buang Chris Smalling, Awal Kerumitan Solskjaer di Manchester United

Bola.net – Pandit sepak bola Danny Murphy menilai ada banyak kesalahan yang dilakukan Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United musim 2019/2020. Namun, yang paling fatal yakni melepas bek tengah Chris Smalling.

Solskjaer belum mampu membawa Manchester United tampil bagus pada musim 2019/2020. Melewati lebih dari separuh musim, performa Setan Merah masih jauh dari konsisten.

Dalam tiga laga terakhir, United gagal meraih kemenangan. Marcus Rashford dua kali menelan kekalahan, lawan Arsenal dan Manchester City. Sedangkan, satu laga berakhir imbang lawan Wolves.

United memang lolos ke babak 32 Besar Liga Europa. Namun, United tampil inkonsisten di Premier League. United kini berada di posisi ke-5 klasemen dengan mengumpulkan 31 poin.

Buang Chris Smalling

Pada awal musim 2019/2020, Solskjaer membuat langkah gemilang dengan sukses mengamankan jasa Harry Maguire. Dia ditebus dengan harga 80 juta pounds dari Leicester City. Namun, setelah itu, Solskjaer membuat kesalahan dengan melepas Chris Smalling.

“Anda tidak akan bisa memberi alasan bahwa Phil Jones jauh lebih baik dari Chris Smalling, tidak terlihat pada bulan ini, di akhir pekan lalu,” ucap Danny Murphy dikutip dari talkSPORT.

Menyusul dilepasnya Chris Smalling ke AS Roma, maka Danny Murphy menilai Solskjaer kehilangan kedalaman skuad di lini belakang. Phil Jones tampil di bawah standar. Eric Bailly cedera. Duet Victor Lindelof dan Harry Maguire tidak punya pelapis yang sepadan.

“Itu kualitas yang dimiliki Solskjaer. Saya pikir manajer mana pun akan berjuang untuk bersaing dengan Man City, Liverpool, atau klub besar mana pun dengan skuad yang ada itu,” kata Danny Murphy.

Solskjaer Pantas Dikecam?

Danny Murphy menyebut ada banyak daftar kesalahan yang dibuat Solskjaer untuk Manchester United. Namun, dia tidak ingin memukul rata dengan melabeli Solskjaer sebagai manajer gagal. Sebab, ada beberapa hal positif yang dihadirkan Solskjaer.

Baca Juga:   Ayah Erling Haaland Kunjung Markas Manchester United, Segera Pindah?

“Manchester United satu-satunya tim musim ini yang mendapatkan poin dari Liverpool dan cara dia mengatur tim pada pertandingan itu berjalan bagus. United adalah tim yang lebih baik sampai Liverpool berubah di babak kedua.”

“Liverpool harus berubah untuk beradaptasi dengan Man United. Itu benar-benar kecerdikan dari Solskjaer. Tapi terlalu sering dia salah,” kata Danny Murphy.

Di Premier League, Manchester United sejauh ini memang menjadi satu-satunya klub yang mampu meraih poin dari Liverpool. Setan Merah bermain imbang 1-1 melawan Liverpool pada laga di Old Trafford.