Buaya Belum Tertangkap, Ditpolair Sisir Pondok Dayung

Rekanbola – Ditpolair Baharkam Mabes Polri terus menyisir lokasi kemunculan buaya di seputar Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok. Hingga saat ini belum bisa dipastikan posisi dan bentuk buaya.

“Jadi kami anggota Ditpolair mengamankan teluk Jakarta dengan berpatroli di sepanjang pesisir dari pondok dayung maupun ancol,” tutur Kompol Fareid, Kasie Pertolongan dan Penyelamatan Ditpolair, di Ditpolair Baharkam Mabes Polri, Jakarta Utara, Minggu (17/6).

Faried mengatakan pihaknya rutin berpatroli di sekitar teluk Jakarta, tapi video kemunculan seekor buaya sepanjang 2,5 meter di seputar Dermaga Pondok Dayung, ada membuat mereka kini menyisir Pondok Dayung.

Faried mengatakan hingga saat ini pihaknya masih belum bisa memastikan lokasi terakhir buaya, dan saat ini hewan reptil itu bisa saja berenang ke arah yang tidak diprediksi.

“Kami belum bisa menyatakan aman, karena buaya sendiri belum tahu seperti apa, apakah sudah tertangkap ataupun sudah mati,” kata Faried. “Bisa ke mana saja namanya berenang di laut, kami tidak bisa menentukan arahnya, karena ini kan binatang liar,” ujarnya.

Dari video yang viral di media sosial, Faried beranggapan buaya yang muncul tersebut merupakan buaya jenis muara, tapi hal ini harus dikonfirmasi lagi saat buaya tertangkap.

“Kalau dilihat kondisinya, dia berenang dengan biasa di air laut, kemungkinan dia buaya muara,” ujarnya.

Lebih lanjut, Faried pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada karena buaya tersebut bisa sewaktu-waktu muncul kembali.

Pada Kamis (14/6) lalu, seekor buaya sepanjang 2,5 meter pertama kali terlihat di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, sehingga pihak Koarmada I serta Polairud segera melakukan penyisiran guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan.

Baca Juga:   KPK Sebut Pembentukan TGPF Teror Novel Kebijakan Politik Presiden

Di sisi lain, pihak Ancol pun memastikan kemunculan buaya di Pondok Dayung tersebut tidak akan menganggu wisatawan di Pantai Ancol.

Sebab, perairan di Pondok Dayung terisolasi dari perairan umum serta berjarak sekitar enam kilometer dari Pantai Ancol.

 

 

(Sumber : cnnindonesia.com)