Bukan Penyelamat, Namun Isco yang Terbaik

REKANBOLA – Spanyol belum memastikan lolos ketika menjalani laga terakhir di babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 menghadapi Maroko, Selasa (26/6) dini hari WIB.

Kemudian ketika menjalani pertandingan di Kaliningrad Stadium, Spanyol sempat tertinggal. Beruntung, Isco bermain bagus sepanjang pertandingan dan akhirnya Spanyol memastikan langkahnya di babak 16 besar setelah memetik hasil imbang 2-2.

Menjalani laga terakhir, Maroko memang sudah pasti tidak lolos karena belum mengemas poin satu pun jelang menghadapi Spanyol. Namun mereka tentu saja tak ingin pulang dengan tangan kosong.

Lawan Spanyol, pasukan Herve Renard bermain lepas sehingga mampu membuat kejutan. Ketika pertandingan baru berjalan 14 menit, Maroko mampu menjebol gawang David de Gea lewat Khalid Boutaib.

 

Baca Juga : 

 

Isco Samakan Kedudukan

Dalam keadaan tertinggal, tekanan pada Spanyol kembali mereda setelah Isco menyamakan kedudukan di menit 19.

Kemudian menjelang akhir laga, Maroko kembali membuat kejutan. Mereka kembali membobol gawang Spanyol di menit 81 lewat Youssef En-Nesyri.

Di sembilan menit waktu normal, tentu saja tak mudah bagi Spanyol untuk mencetak gol lagi. Tapi beruntungnya, Iago Aspas mencetak gol di menit 91. Ia menjadi penyelamat Spanyol dari kekalahan dan memastikan Spanyol lolos ke babak 16 besar meski laga hanya berakhir imbang.

 

Kontribusi Isco

Isco memang bukan sosok yang menjadi penyelamat La Furia Roja dari kekalahan. Namun kontribusinya sepanjang pertandingan pantas mendapatkan acungan jempol. Tanpa sentuhan Isco, bisa jadi Spanyol tak mampu mengimbangi permainan Maroko yang bermain tanpa beban.

Baca Juga:   Menteri Rini ajukan 3 nama calon direktur utama Pertamina ke Jokowi

Satu peran penting Isco dalam laga tersebut adalah mengembalikan kepercayaan pasukan Fernando Hierro ketika dalam keadaan tertinggal 0-1. Ia mencetak gol penyeimbang lima menit setelah gol pertama dari Maroko, setelah mendapatkan umpan dari Andres Iniesta. Sepanjang pertandingan, pemain Real Madrid tersebut banyak terlibat dalam permainan dengan catatan 128 kali menyentuh bola, enam kali memberikan umpan kunci.

 

Umpan Matang

Distribusi bola dari kaki Isco juga patut mendapatkan apresiasi. Dari seluruh umpan yang ia lakukan sepanjang pertandingan, 91 persen tepat sasaran. Dan perlu dicatat, bahwa Isco juga mampu melepaskan dua tembakan yang memberikan ancaman pada penjaga gawang Maroko.

Itulah kontribusi Isco sepanjang pertandingan ketika menghadapi Maroko. Tak salah jika ia mendapat status sebagai pemain terbaik dalam laga tersebut.

 

 

(Sumber : BOLA.NET)