Cara Memilih Tabir Surya yang Cocok untuk Dipakai Sebelum Makeup

REKANBOLA – Menggunakan tabir surya merupakan langkah terpenting yang tidak boleh ditinggalkan dalam hal perawatan kulit, terumatam kulit wajah yang paling banyak terpapar sinar matahari. Tabir surya kebanyakan berupa krim tebal.

Tabir surya memiliki range kandungan SPF yang sangat beragam. Namun kadang, produk tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi terlalu berat jika digunakan sehari-hari.

Krim yang kental ini kadang membuat lapisan terlalu tebal pada wajah. Hal ini membuatmu kesulitan untuk mengaplikasikan makeup. Bahkan, untuk beberapa produk makeup justru tidak akan keluar warnanya jika kamu mengoleskan tabir surya yang terlalu berat.

Untuk itu, menurut Melanie Palm, MD, direktur Skin MD, memberikan informasi bagaimana cara memilih tabir surya yang pas untuk digunakan sehari-hari, terutama yang akan digunakan sebelum menggunakan makeup.

Tips Memilih Tabir Surya

Menurut Melanie, tabir surya yang pas untuk digunakan sehari-hari adalah tabir surya yang ringan. Juga, saat memilih tabir surya, pilihlah tabir surya yang jenisnya broad-spectrum sunscreen. Artinya, tabir surya yang dapat memproteksi kulit dari sinar UVA dan UVB.

“UVA dapat menyebabkan kulit wajah mengalami penuaan dini. UVA pada kulit perempuan usia lanjut, akan mengakitbatkan munculnya beberapa perubahan pada kulit seperti pigmentasi, bintik-bintik penuaan, kolagen rusak, perubahan warna kulit menjadi kuning lilin,” katanya.

Perubahan-peruabhan ini juga sangat berhubungan dengan kanker kulit atau yang biasa disebut dengan melanoma. Selain itu, selain ringan dan tidak akan mengganggu makeup, tabir surya yang berbahan dasar air juga akan merawat wajah dan kesehatan kulit.

Baca Juga:   10 Gaya Patricia Ranieta host Jejak Petualang saat taklukkan Everest