Cara Merawat Sneaker Berbahan Suede

REKANBOLA –  Tak semua sneaker berbahan twill, canvas, ataupun kulit. Beberapa sneaker juga memiliki bahan dasar suede.

Beda bahan sneaker tentu saja berbeda cara membersihkannya. Seperti misalnya, sneaker berbahan suede pasti berbeda dengan sneaker berbahan twill atau kanvas dan rajut.

Berbeda dengan sepatu yang lain, sepatu berbahan dasar suede punya cara cucinya sendiri.

1. Jangan disiram
“Yang pasti sneaker berbahan suede jangan sampai kena air,” kata Melania Dewiyani, Brand Manager Piero kepada CNNIndonesia.com saat Urban Sneaker Society, Jumat (8/11).

2. Jangan direndam
Hindari merendam sneaker suede Anda. Selain akan ‘berbahaya’ untuk bahan suede, merendam sepatu suede akan merusak bahannya dan juga lem sepatunya.

3. Gunakan shoe cleaner
“Sekarang sudah banyak produk shoe cleaner. Jadi itu bisa dipakai untuk bersihkan sepatu suede.”

4. Sikat lembut
Mengutip berbagai sumber, bersihkan debu-debu yang menempel di sepatu suede dengan menggunakan sikat lembut. Hindari memakai sikat yang keras untuk membersihkannya karena akan merusak bahan suede. Jika tak punya sikat lembut, pakailah nail buffer yang sudah tak terpakai.

5. Gunakan bedak tabur atau corn meal
Jika Anda tak sengaja menumpahkan cairan, jangan buru-buru sikat sepatu suede Anda. Cara terbaik adalah dengan menepuk-nepuk sepatu dengan kain bersih atau bahkan handuk lembut. Setelahnya ‘angkat’ cairan dengan menggunakan bantuan corn meal (tepung jagung) atau bedak tabur. Diamkan semalaman agar cairan terangkat dan sikat sepatu keesokan harinya.

Baca Juga:   Anak Muda Bisa Terkena Serangan Jantung Akibat Kebiasaan Ini