Cara Mudah dan Alami Hilangkan Kutil

Rekanbola – Kutil boleh punya ukuran yang kecil, tapi dalam kondisi tertentu kutil sering kali mengganggu. Kutil kerap muncul di beberapa bagian tubuh seperti jari, kaki, dan wajah.

Kutil muncul disebabkan oleh human papilomavirus (HPV) yang mengenai kulit sehingga muncul infeksi. Virus ini menyebabkan protein keras di lapisan atas kulit yakni keratin tumbuh lebih cepat dari biasanya.

Kutil dapat menular dengan menyentuh kutil pada tubuh orang lain atau menyentuh benda yang sudah terpapar kutil seperti handuk. Kutil juga bisa menyebar dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya.

Namun, tak perlu khawatir karena ada beberapa cara mudah dan alami yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutil tanpa harus menggunakan obat atau pergi ke dokter untuk mengangkat kutil.

Berikut beberapa cara mudah dan alami untuk menghilangkan kutil.

1. Cuka sari apel
Cuka sari apel merupakan asam ringan yang dapat membantu menghilangkan kutil. Dikutip dari Healthline, racikan cuka sari apel dapat dibuat dengan mudah.

Pertama, campurkan cuka apel dengan air. Lalu, rendam kapas dalam campuran cuka apel dan oleskan ke kutil. Tutup kutil dengan perban semalaman. Ulangi pada setiap malam hingga kutil menghilang.

2. Jus lemon
Sebuah studi dari India Journal of Dermatology menunjukkan bahwa asam sitrat yang terkandung dalam jus lemon sama efektifnya dengan krim tretinoin topikal untuk mengangkat kutil. Jus lemon juga menghasilkan efek samping yang lebih sedikit.

Cara menggunakan jus lemon untuk menghilangkan kutil sama dengan cuka apel.

3. Bawang putih
Bawang putih dapat menghilangkan kutil karena memiliki sifat antivirus lewat senyawa yang ada di dalamnya.

Baca Juga:   Harry Kane Tanpa Saingan, Striker Muda Inggris Diminta Unjuk Gigi

Untuk menggunakannya, cukup hancurkan bawang putih dan letakkan langsung di kutil lalu tutup dengan perban. Lakukan ini setiap hari hingga kutil lepas dan menghilang dari kulit.

4. Jus nanas
Jus nanas mengandung enzim yang dapat menghilangkan kutil jika diaplikasikan dalam beberapa hari. Oleskan jus nanas menggunakan kapas secara langsung ke kutil sebelum tidur. Biarkan semalaman.

Mengoleskan nanas segar langsung ke kutil selama beberapa kali dalam sehari juga dapat menghilangkan kutil.

5. Lidah buaya
Tanaman lidah buaya juga ampuh menghilangkan kutil karena mengandung asam malat dan memiliki sifat antiperadangan. Potong daun lidah buaya dan gosokkan gel ke kutil.

Jika tak dapat menemukan daun lidah buaya, gel lidah buaya juga bisa dicoba.

Sebagai catatan, jika kutil tak kunjung hilang atau terasa sakit, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis.