Cegah Mobil Masuk Jurang, Kang Emil Pasang Teknologi Baru di Cikidang

Rekanbola – Jalan antar provinsi di wilayah Jawa Barat dikenal sebagai titik rawan kecelakaan, karena dipenuhi dengan jalur menanjak maupun menurun, tikungan tajam, bahkan jurang di sisi jalan. Hal ini mengikuti kondisi geografis yang terdiri dari perbukitan serta lembah.

Melihat kondisi ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berencana mengubah pagar pembatas jalan konvensional menggunakan road rolled barrier. Pagar pembatas jalan ini tidak hanya berupa logam panjang yang dipasang mengikuti bentuk jalan, tetapi dilengkapi dengan roller atau silinder yang bisa berputar.

Dengan teknologi itu, saat kendaraan bermotor menabrak pagar, maka arah kendaraan akan dibelokkan kembali ke jalan raya. Selain itu, energi kinetik dari kendaraan akan diubah menjadi energi putar, sehingga risiko yang ditimbulkan menjadi sedikit berkurang.

Kini, road rolled barrier sudah dipasang di jalanan wilayah Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat. Informasi ini diunggah oleh Ridwan Kamil melalui akun Instagram miliknya.

“Teknologi Roller Barrier, penahan beban tabrakan tegak lurus menjadi berputar ke arah samping, prototipe-nya telah dipasang di lokasi rawan kecelakaan di Cikidang, Sukabumi, tempat kecelakaan bus yang jatuh ke jurang,” demikian keterangan gambar di akun Instagram @ridwankamil, Senin 31 Desember 2018.

Adanya pemasangan pagar pembatas jalanan dengan teknologi baru ini, diharapkan bisa mengurangi risiko kecelakaan fatal yang kerap terjadi di wilayah tersebut.

“Semoga dengan inisiatif ini, bisa mengurangi kecelakaan lalu lintas di kecuraman yang ekstrem, dan meningkatkan keselamatan di seluruh jalanan Jawa Barat,” tulis pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

 

Baca Juga:   Armada Baru Taksi Express dari China Sudah Disebar dan Beroperasi