Cerita Sekda DKI soal Pintu Air Manggarai Saat Katulampa Siaga I

Rekanbola.com – Sekretaris DKI Jakarta Saefullah bercerita soal kondisi pintu air Manggarai saat Bendung Katulampa berstatus Siaga I. Pintu air Manggarai, yang mengalirkan air ke Kali Ciliwung Lama, sempat dibuka.

“Kan ada pintu yang ke Ciliwung Lama, ujung-ujungnya lewat istana, Pasar Baru, terus ke Gunung Sahari, Ancol, ke laut. Itu kemarin dibuka pada posisi 185 cm. Posisi 185 cm itu ternyata Gunung Sahari aman. Kalau Gunung Sahari aman, Pasar Baru aman, berarti Ancol, laut, sudah selesai urusannya. Berarti Istana nggak ada masalah,” kata Saefullah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

Pengalaman tahun lalu, ketika pintu yang mengalirkan air ke Kali Ciliwung Lama dibuka, permukiman di daerah Kali Pasir, Menteng, langsung terendam banjir. Tapi kondisi beberapa hari lalu justru berbeda.

“Di Kali Pasir juga nggak ada masalah. Itu biasa Kali Pasir kena duluan. Tahun lalu sempat masuk juga. Itu kemarin sudah kita ukur 185 cm. Saya bilang, (ke petugas Pintu Air Manggarai) kalau 185 cm aman, tahun yang akan datang, kalau ada kejadian sama pertahankan angka yang sama, dibuka sampai 185 cm,” terang Saefullah.

Bahkan, tahun lalu, ketika pintu yang mengarahkan air ke Kali Ciliwung Lama dibuka, permukiman Gunung Sahari langsung terendam.

“Tahun lalu yang Ciliwung Lama itu dilepas sehingga ada kebanjiran di Gunung Sahari dan sekitarnya,” jelas Saefullah.

Bendung Katulampa sempat berstatus Siaga I pada Senin (5/2). Ketinggian air mencapai angka 240 cm lebih dari 30 menit.

Menurut penuturan Wali Kota Bogor Bima Arya ke Gubernur Anies Baswedan status Siaga I di Bendung Katulampa lebih dari 30 menit baru terjadi tahun ini. Beberapa tahun sebelumnya, Bendung Katulampa berstatus Siaga I tak sampai 30 menit.

Baca Juga:   34 Terduga Teroris di Kalteng Mampu Rakit Bom Daya Ledak Tinggi

“Kalau angka lebih dari 220 meter itu pernah terjadi beberapa kali tapi hanya sebentar 30 menit, lalu akhirnya turun lagi. Kalau yang di atas 30 menit baru kejadian sekarang,” tutur Anies di Balai Kota, Senin (5/2)

 

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo