Darmin Yakin Panen dan Pilkada Bikin Ekonomi Tumbuh 5,3%

EKONOMI

Please enter banners and links.

Rekanbola – Darmin Yakin Panen dan Pilkada Bikin Ekonomi Tumbuh 5,3% Kuartal II

Pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II 2018 berada di kisaran 5,2% hingga 5,3%. Pertumbuhan ekonomi dipacu oleh panen sektor pertanian dan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, sektor pertanian akan menjadi salah satu penopang pertumbuhan di kuartal II. Sebab, masa panen petani bergeser dari kuartal I ke kuartal II.

“Jangan lupa di pertanian walaupun pertumbuhan pertanian nggak pernah tinggi, panen kita itu bergeser dari kuartal I ke kuartal II. Tadinya Februari Maret, tahun ini ke April Mei. Dan itu akan mendorong pertumbuhan kuartal II relatif lebih tinggi,” terang Darmin di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Dia menambahkan, Pilkada yang digelar beberapa waktu lalu akan memacu perekonomian di kuartal II. Apalagi, Pilkada digelar secara serentak.

“Jadi kalau ditanya berapa kira-kira? Saya perkiraannya antara 5,2 dan 5,3%. Antara itu, ya tingginya 5,3% rendahnya 5,2%,” ujarnya.

Momen Lebaran juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi, terutama dari sisi konsumsi. Darmin yakin, sektor konsumsi menembus 5%.

“Sebetulnya ritel sudah membaik kalau berbagai indikator dilihat, tadinya kan 4,95%. Rasanya bisa masuk ke 5% karena ada Lebaran di kuartal II kan itu semua. Itu akan mendorong belanja orang,” tutupnya.

 

( Sumber : detik.com )