Di Usia Berapa Anak Bisa Dikenalkan Mainan Blok?

Rekanbola.com –  Stimulasi buat anak bisa diberikan salah satunya lewat mainan. Nah, mainan blok kayak lego bisa jadi pilihan. Hmm, tapi di umur berapa ya anak udah mulai bisa dikenalkan mainan ini?

“Sebenarnya lego bisa dikenalkan ke anak bahkan dari mereka berusia bayi. Tapi memang ada aturannya biar anak nggak ngemut legonya atau emang harus kita awasin,” papar psikolog Ratih Ibrahim dalam konferensi pers Bricklive – Petualang Interaktif Lego, di PIK Avenue, Jakarta Utara pada Kamis (8/2/2018).

Menurut Ratih, mulai dari anak bisa bergerak lincah kita bisa tuh ngasih lego untuk bermain sebagaimana mestinya. Kapan anak sudah bisa bergerak lincah? Umumnya di atas umur satu tahun, Bun. Lagipula, kata Ratih permainan blok seperti lego juga ada klasifikasi untuk tiap usianya.

Pentingnya stimulasi anak sesuai dengan usia perkembangannya yaitu agar stimulusnya dapat merangsang kemampuan anak secara optimal. Memperhatikan kategori mainan sesuai umur anak penting untuk keamanan anak. Sehingga, risiko kayak mainan akan tertelan bisa dihindari.

“Kenapa lego? Karena lego adalah salah satu sarana stimulasi yang value evaluationnya besar,” kata Ratih.

Semua orang tua pasti punya impian agar anaknya cerdas, dan kita pasti bahagia banget kalau anak kita cerdas dan unggul dalam bidang apapun itu ya, Bun. Karena itu Ratih menyarankan kalau bisa orang tua pilih sarana stimulasi yang mudah untuk anak serap.

“Kalau kebanyakan kita orang tua juga bisa overwhelming. Dalam lego sebegitu compactnya interaksi yang bisa dilakukan antara anak dan orang tua dengan cara yang fun,” papar Ratih.

Dia mengingatkan, untuk bisa mengembangkan kecerdasan pada anak harus sesuai dan pas antara stimulasi dengan usia anaknya. Karena itu, umumnya untuk anak-anak yang masih kecil ukuran mainan bloknya semakin besar agar mainannya tidak termakan atau untuk menimpuk temannya.

Baca Juga:   Kata Kata Lucu Singkat

 

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo