Diduga Penggelapan, YG Entertainment Hadapi Investigasi Pajak

REKANBOLA – Badan Pajak Nasional menyebut akan menginvestigasi agensi tempat Black Pink dan Big Bang bernaung, YG Entertainment, akibat dugaan penggelapan pajak.

Terkait investigasi ini, YG Entertainment merilis pernyataan resminya. “Kami akan bekerjasama dengan baik untuk investigasi pajak yang dilakukan Badan Pelayanan Pajak Nasional,” ujar YG dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/3/2019).

YG Entertainment saat ini sedang jalani penyelidikan pajak khusus. Awal bulan ini, terungkap bahwa Yang Hyun Suk – boy YG- dan saudaranya dilaporkan memiliki klub Love Signal, sebuah klub yang dicurigai melakukan penggelapan pajak.

Sebelumnya pada 18 Maret, YG Entertainment mengatakan bahwa perusahaan belum menerima pemberitahuan terkait audit pajak.

Namun pada 20 Maret, Layanan Pajak Nasional mengirim penyelidik ke markas YG Entertainment di Distrik Mapo, Seoul untuk mengambil dokumen terkait pajak. Hal ini telah dilaporkan bahwa hampir 100 penyelidik yang hadir di tempat kejadian.

YG Entertainment sebelumnya menerima investigasi pajak reguler, yang biasanya diadakan setiap lima tahun, pada 2016. Investigasi baru ini adalah investigasi pajak khusus yang dipimpin oleh Biro Investigasi ke-4 dari Kantor Pajak Nasional Kantor Regional Seoul.

Investigasi ini tidak terbatas pada departemen terkait keuangan tetapi melibatkan berbagai departemen seperti kinerja dan pemasaran.

Baca Juga:   Gubernur BI Rayu Investor Jepang Tanam Modal di RI