Ditinggal Pasangan Tercinta, Fenomena Widowhood Effect Mengancam!

Rekanbola – Tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung pada pekan lalu telah memakan ratusan korban jiwa dan korban luka-luka. Dunia hiburan Indonesia pun juga terdampak oleh kematian para anggota Band Seventeen dan keluarganya. Satu-satunya yang berhasil selamat dari bencana tersebut adalah Ifan Seventeen. Nahasnya, Ifan nggak hanya kehilangan teman bandnya namun juga istri tersayangnya Dylan Sahara.

Kehilangan memang sesuatu yang pasti akan dihadapi oleh semua orang. Cepat atau lambat, kita akan bertemu kematian dalam hidup. Tapi siapa yang mau atau mengharapkan harus kehilangan pasangan hidup di usia yang muda? Meninggalnya pasangan ternyata nggak hanya membuat kita sedih dan depresi, namun juga dapat mematikan bagi pasangan yang ditinggalkan.

Pernah nggak kamu mendengar di sekitarmu ada seseorang yang meninggal lalu pasangannya nggak lama kemudian ikut sakit dan meninggal? Biasanya, kematian mereka yang baru saja menjanda atau menduda itu bisa terjadi dari sebulan hingga setahun setelah pasangannya meninggal.

Fenomena ini disebut ‘widowhood effect’ di mana pasangan yang ditinggalkan akan mengalami risiko kematian yang meningkat hingga 66%. Peningkatan risiko ini menurut peneliti terjadi paling tinggi pada 1 hingga 3 bulan pasca kematian. Hal ini disebabkan karena rasa sedih berlarut yang berujung pada stres serta kesehatan tubuh yang memburuk.

Dengan kata lain, mereka meninggal akibat patah hati yang terlalu dalam karena kematian pasangan. Saat pasangan meninggal, kita memang akan mengalami berbagai perubahan drastis dalam hidup. Orang yang dulu merawat kita, tahu-tahu menghilang dan nggak ada lagi sosok yang kini selalu ada. Karena itu, dibutuhkan dukungan dan campur tangan keluarga serta teman untuk memastikan bahwa pasangan yang ditinggalkan tersebut bisa menghadapi kehilangan tersebut dengan baik.

Baca Juga:   8 Meme 'Tercyduk' Ini Juara Banget Bikin Ngakaknya

Namun perlu dicatat bahwa ‘widowhood effect’ ini lebih banyak dialami oleh pasangan yang sudah berumur 50 tahun ke atas. Sedangkan pasangan yang masih muda belum diteliti kembali secara mendalam sehingga blm dapat diambil konklusi yang konkrit.

Duh, semoga Ifan Seventeen tetap tabah dan nggak terkena ‘widowhood effect’ ya!