Doa Mark Zuckerberg di 15 Tahun Facebook

REKANBOLA – Facebook menginjak usia 15 tahun, dan Mark Zuckerberg yakin media sosial yang digagasnya masih punya dampak positif yang besar bagi masyarakat. Itu berhubungan dengan gelombang kritik soal manipulasi, misinformasi dan penyakit sosial lainnya terhadap Facebook.

Menurut Zuckerberg, daripada berfokus pada hal-hal negatif, lebih baik melihat Facebook dari manfaat yang ditimbulkannya di era media sosial dan internet.

Ia sendiri melihat ada perubahan sosial dengan munculnya Facebook. “Jaringan yang menghubungkan orang-orang melalui internet menggantikan hierarki dan membentuk ulang institusi dari pemerintah ke bisnis ke media,” demikian ia menulis.

Zuckerberg tidak memungkiri bahwa biasanya perubahan sosial yang terlalu cepat bisa menghasilkan ketidakpastian. Namun ia melihat fenomena yang ada adalah orang-orang punya semakin banyak kekuatan dan kondisi masyarakat yang lebih terbuka.

Facebook dan media sosial lain, ia melanjutkan, telah mengubah cara orang berinteraksi dengan komunitas dan institusi mereka. Ia mencontohkan, tak lama setelah News Feed diluncurkan, jutaan orang terlibat dalam pergerakan melawan kekerasan di Kolumbia.

“Kita [juga] melihat komunitas bersama melakukan penggalangan dana yang viral.

Jika 15 tahun ke belakang saja dampaknya sudah positif, ia optimistis ke depan pun akan demikian.

“Kalau 15 tahun terakhir adalah tentang orang-orang yang membuat jaringan baru ini dan mulai melihat dampaknya, maka 15 tahun ke depan akan menjadi tentang orang-orang yang menggunakan kekuatan mereka untuk membuat ulang masyarakat dengan cara yang berpotensi bakal berdampak positif berdekade-dekade kemudian,” ia menulis di akunnya.

Di usia 15 tahun ini, Facebook sudah punya lebih dari 2,3 miliar pengguna di dunia. Mereka berbagi informasi sampai berjaringan dengan orang-orang baru yang bahkan tak kenal sebelumnya. Facebook telah meruntuhkan batas antarnegara, lewat jaringan internet.

Baca Juga:   Kenapa Satelit Merah Putih Pilih Perusahaan Elon Musk?

Sepanjang tahun lalu, Facebook memecahkan rekor dengan mengantongi untung US$22 miliar.

Meski begitu, tahun lalu media sosial yang dibuatnya bersama teman-temannya di Harvard University sempat tersandung masalah penyalahgunaan informasi. Zuckerberg yang menyadari itu pun berdoa ke depannya Facebook harus bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat