Dongkrak Peluang Menang, Ma’ruf Amin Bakal Kembali Kampanye di Banten

REKANBOLA – Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengaku bakal lebih gencar menyambangi tanah kelahirannya, Banten. Menurutnya, Banten dan Jawa Barat menjadi perhatian serius. Hal ini menyikapi selisih persentase elektabilitas Paslon 01 dengan 02 versi survei Litbang Kompas.

“Kita genjot lagi, pulang dari sini Banten lagi,” ujar Ma’ruf di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (21/3).

Ma’ruf membaca selisih keterpilihannya dalam dua survei. Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan Litbang Kompas di Jabar dan Banten. Litbang Kompas mencatat elektabilitas Paslon 01 meningkat dari 39,3 persen di Oktober 2018, menjadi 42,1 persen di Maret 2019.

Angka itu belum cukup mengungguli paslon 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Kubu penantang memiliki elektabilitas 47,7 persen di Maret 2019. Pada Oktober 2018, elektabilitas 50,2 persen di wilayah tersebut.

“Kalau Kompas (selisih) 5 persen, kalau SMRC itu sudah menang 1,5 persen,” jelas Ma’ruf.

SMRC terakhir mencatat elektabilitas Jokowi-Ma’ruf unggul di angka 43 persen. di bandingkan lawannya, 41 persen di Banten.

Ma’ruf pun masih melihat optimis survei di tingkat nasional. Mustasyar PBNU itu mengambil selisih di tengah-tengah antara survei Litbang Kompas dan SMRC. Dia percaya selisih dengan penantang masih sekitar 20 persen.

“Kompas ya 11,8 (selisihnya). Sekarang kita ambil tengah saja (dari survei SMRC dan Kompas) sekitar 20 kan,” jelas Ma’ruf.

Baca Juga:   Tak Pernah Terealisasi, Pemerintah Diminta Jelaskan Divestasi Saham PT FI ke Rakyat