Editor stasiun TV Saudi dipecat karena siarkan acara pemenang Nobel asal Yaman

Rekanbola.com –  Stasiun televisi Arab Saudi The Saudi Broadcasting Corporation mengumumkan editor saluran televisi Al Thakafiyah, dipecat karena menayangkan acara menampilkan pemenang Nobel Perdamaian wanita Arab Yaman pertama, Tawakkol Karman.

Beberapa saat sebelum editor (yang tak disebutkan namanya) dipecat, stasiun TV itu menayangkan sebuah program bersama Tawakkol Karman, yang menyerang pasukan koalisi pimpinan Saudi karena membuat Yaman mengalami krisis kemanusiaan terbesar akibat perang, seperti dilansir dari laman Al Araby, Kamis (8/2).

Tekanan Riyadh terhadap kebebasan berbicara membuat negara menyensor segala kritik dari pihak lokal dan asing.

Karman awal pekan ini dipecat dari partainya karena mengkritik peran Arab Saudi dalam perang yang menghancurkan negaranya. Karman menuduh koalisi yang dipimpin Saudi melakukan perang untuk mendukung Presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi melawan pemberontak yang didukung Iran.

“Arab Saudi dan Uni Emirat Arab memanfaatkan kudeta milisi (Huthi) di Sanaa untuk melancarkan penjajahan dan pengaruh buruk di Yaman,” tulis Karman di akun Twitternya.

Ikhwanul Muslimin yang berafiliasi dengan Partai Islah meminta agar dia diskors dari jajarannya.

Karman mendapatkan Nobel Perdamaian 2011 atas perannya dalam demonstrasi Arab Spring yang menggulingkan diktator Yaman Ali Abdullah Saleh.

 

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo

 

Baca Juga:   Miris! Bidan Desa Dirampok dan Diperkosa di Sumsel