El Clasico Bakal jadi ‘Panggung Politik’, Real Madrid Tingkatkan Keamanan

REKANBOLA – Situasi politik di Spanyol kini tengah memanas dan diprediksi akan berpengaruh pada laga Barcelona vs Real Madrid. Bahkan, pihak Real Madrid disebut akan meningkatkan standar keamanan tim.

Laga El Classico antara Barcelona vs Real Madrid digelar pada pekan ke-10 La Liga 2019/2020, Sabtu (26/10/2019). El Clasico edisi pertama musim ini bakal digelar di Camp Nou.

Dua pekan jelang laga digulirkan, situasi politik di Spanyol tengah panas. Pengadilan Tinggi Spanyol baru saja membuat keputusan sembilan orang bersalah atas ide referendum Catalan yang terjadi beberapa waktu lalu.

Berdasar pada putusan yang diambil pada hari Senin (14/10/2019) kemarin, para penggagas ide referendum Catalan mendapat hukuman penjaga sembilan hingga 13 tahun. Banyak pihak di Catalan mengkritik keputusan ini.

El Clasico Menjadi Panggung Poltik

Barcelona ikut ambil bagian dalam situasi politik yang terjadi. Lewat situs resmi klub, Barcelona menolak sikap pemerintah menghukum penjara para aktivis penuntut referendum Catalan. Barcelona menyebut penjara bukan solusi.

Dikutip dari Marca, laga El Clasico diyakini bakal menjadi panggung politik. Bakal terjadi pertentangan antara kubu pemerintah Spanyol dan Catalan. Real Madrid sebagai referensi Spanyol dan Barcelona sebagai wakil Catalan.

“El Clasico akan digunakan oleh beberapa pihak sebagai kendaraan untuk protes, karena itu akan menjadi pertandingan kandang berikutnya dan ditonton seluruh dunia,” tulis Marca.

Selama ini, sejumlah personel di kubu Barcelona secara terbuka juga menyuarakan pandangan politiknya terkait referendum Catalan. Gerard Pique, salah satu pemain penting di Barca, adalah pendukung merdekanya Catalan dari Spanyol.

Real Madrid Tingkatkan Keamanan

Laga El Clasico akan digelar pada pukul 13.00 waktu setempat. Dengan situasi seperti ini, maka Real Madrid harus menginap di hotel yang berada di Catalan. Pasukan Zinedine Zidane harus sudah tiba di Catalan pada hari Jumat (25/10/2019).

Baca Juga:   Menurut Gerrard, Salah Pemain Terbaik Afrika Sepanjang Masa

Dengan kondisi tersebut, maka pihak Real Madrid harus meningkatkan keamanan mereka. Direksi Los Blancos juga sudah menyiapkan level pengamanan yang lebih ketat jika dibanding dengan laga-laga El Clasico sebelumnya.

Selain itu, direksi Madrid juga meminta semua elemen klub untuk tidak berkomentar soal politik. Sebab, kondisi tersebut bakal membuat panas suasana jelang El Clasico. Fans Real Madrid juga diharap bisa menahan diri.