Evakuasi Lion Ari Diperkirakan Cuaca Berawan Hingga Hujan Ringan

Rekanbola Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat cuaca di Tanjung Karawang Jawa Barat yang merupakan lokasi pencarian pesawat Lion Air JT 610 diprakirakan cerah berawan hingga hujan ringan pada Sabtu sampai enam hari ke depan.

Informasi dari Humas BMKG Hary T Djatmiko yang diterima di Jakarta, Sabtu, pada hari keenam pencarian cuaca pada pagi hari cerah berawan, siang hari berawan tebal dan hujan ringan pada malam serta dini hari.

Arah angin pada Sabtu (3/11) bertiup dari tenggara ke timur laut dengan kecepatan angin bervariasi dari 6-13 knot di pagi hari, 6-10 knot siang hari, 2-8 knot malam hari dan 2-6 knot pada dini hari serta tinggi gelombang 0.3 meter hingga 1,5 meter di pagi hari, 0,3 meter-1.1 meter siang hari, 0.2-1.0 eter malam hari dan 0.2-0.5 meter dini hari.

Pada Minggu (4/11) cuaca pagi hari terdata hujan ringan, cerah berawan pada siang dan malam hari serta berawan tebal pada dini hari. Kecepatan angin 4-6 knot di pagi hari, 6-9 knot siang hari, 4-7 knot malam hari dan 4-6 knot dini hari dengan arah angin bertiup dari timur laut ke barat laut.

Tinggi gelombang pada Minggu diprakirakan 0.2-0.8 meter pada pagi hari, 0.5-1.0 meter siang hari dan kembali 0.2-0.8 pada malam hingga dini hari dengan arah gelombang ke timur laut.

Sedangkan pada Senin (5/11) diprakirakan cuaca berawan tebal pada pagi hari dengan kecepatan angin 2-6 knot mengarah ke barat laut dan tinggi gelombang 0.2-0.5 meter ke arah timur laut. Pada siang hari diprakirakan hujan ringan dengan kecepatan angin 6-10 knot ke arah utara dan tinggi gelombang 0.5-1.1 meter ke arah timur laut.

Baca Juga:   Emre Can Tegaskan Komitmen di Liverpool

Pada Senin malam cuaca cerah berawan dengan kecepatan angin 2-6 knot ke arah timur laut dan tinggi gelombang laut 0.2-0.5 meter ke timur laut serta dini hari diprakirakan berawan tebal dengan kecepatan angin2-5 knot ke arah timur laut .

Pada Selasa (6/11) cuaca pagi hari hujan ringan, berawan tebal siang hari dan cerah berawan pada malam hari, Serta rabu (7/11) hujan ringan di pagi hari dan cerah berawan pada siang hingga dini hari. Sedangkan kamis (8/11) cuaca diprakirakan berawan tebal pada pagi ahri, cerah berawan siang dan malam hari serta hujan sedang pada dini hari.

Sebelumnya Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) M Syaugi mengatakan, kuatnya arus dan gelombang di permukaan laut menjadi salah satu tantangan berat bagi para penyelam Tim SAR gabungan yang mencari bagian pesawat yang jatuh pada Senin (29/10) pagi tersebut.

Syaugi mengatakan, proses pencarian akan dilakukan hingga Minggu (4/11) dan jika setelah dianalisa diperkirakan masih bisa menemukan bagian pesawat maupun penumpang maka akan ditambah tiga hari.