Fase Grup Piala Dunia 2018: Apa Yang Terjadi Bila Ada Tim dengan poin sama?

REKANBOLA – Sempitnya waktu Piala Dunia membuat fase grup berlangsung ringkas, dan perolehan poin yang bisa diraih tim hanya sedikit. Dengan begitu, situasi di mana dua tim memiliki perolehan poin sama bisa terjadi. Lalu, bagaimana cara menentukan tim mana yang lebih unggul?

Beberapa kompetisi sepakbola di Eropa menggunakan sistem yang berbeda. Premier League dan La Liga akan melirik selisih gol untuk menentukan tim yang unggul jika perolehan poin di klasemen sama, sedangkan Serie A akan melirik head-to-head kedua tim terlebih dahulu.

Piala Dunia 2018 sendiri menggunakan sistem yang serupa dengan Premier League dan La Liga jika situasi tersebut terjadi. Namun, bagaimana jika perolehan kedua tim, baik poin dan selisih gol, masih juga sama? Dilansir dari The Sun, berikut cara-caranya.

 

Baca Juga :

 

Cara untuk Menentukan

1. Jika selisih gol sama, maka tim yang mencetak gol lebih banyak akan dianggap lebih unggul. Hal ini telah terjadi di fase grup B, di mana Spanyol yang memimpin grup mencetak enam, sedangkan Portugal hanya lima.

2. Bila kedua tim memiliki jumlah gol yang dicetak sama, maka head-to-head partai mereka akan menjadi pertimbangan. Pemenang akan ditempatkan satu peringkat di atas tim yang kalah di klasemen grup.

3. Kalau kedua tim masih imbang di dua poin sebelumnya, maka penentuan yang lebih baik akan didasari oleh ranking fair play.

 

Sistem Ranking Fair Play

Khusus untuk ranking fair play ditentukan oleh banyaknya kartu yang didapatkan oleh kedua tim. Sebagai contoh, jika Inggris mendapatkan dua kartu kuning, dan Belgia mendapatkan tiga, maka Inggris lah yang dinyatakan lebih baik.

Baca Juga:   Sergio Aguero Tegaskan Masa Depannya tak di Man City

Nah, itulah panduan untuk menentukan tim yang lebih unggul di klasemen jika poin serta selisih gol mereka sama. Semoga bisa menjadi tambahan informasi untuk bolaneters sekalian, ya.

 

 

(Sumber : BOLA.NET)