Galaxy A10, Ponsel Pertama Samsung dengan Pemindai Sidik Jari di Layar?

Rekanbola – Teka-teki smartphone Samsung apa yang akan mengadopsi Fingerprint on Display ( pemindai sidik jari dalam layar) pertama, belum terpecahkan.

Setelah sejumlah rumor, kali ini giliran Galaxy A10 yang disebut-sebut bakal menjadi smartphone pertama Samsung yang menggunakan sensor pemindai sidik jari dalam layar.

Galaxy A10 akan menjadi “ponsel uji” teknologi sensor pemindai sidik jari dalam layar sebelum disematkan ke Galaxy S10. Dugaan ini diperkuat dari rumor Samsung akan meluncurkan Galaxy A10 lebih dulu ketimbang Galaxy S10.

Jika benar, kabar ini tidak terlalu mengagetkan. Pasalnya, Samsung memang mulai rajin menyematkan inovasi baru ke lini menengahnya. Seperti triple-camera pada A7, quadruple-camera pada Galaxy A9, dan terakhir Infinity-O atau layar dengan lubang kamera pada Galaxy A8s.

Kemungkinan, vendor asal Korea Selatan ini meluncurkan Galaxy A10 pada pameran elektronik CES 2019 Januari mendatang. Bisa dikatakan, adopsi sensor sidik jari dalam layar ini agak terlambat mengingat sebagian vendor sudah banyak yang menggunakannya.

Namun, Samsung disebut bakal menyematkan teknologi yang lebih canggih, yakni menggunakan sensor ultrasonik yang responnya digadang-gadang bakal lebih cepat 30 persen dibanding teknologi serupa pada vendor lain.

Samsung dikabarkan menggandeng Qualcomm untuk menggarap sensor pemindai sidik jari dalam layar tersebut, baik untuk smartphone menengah maupun flagship.

Selain Fingerprint on Display, dirangkum KompasTekno dari Slash Gear, Sabtu (29/12/2018), Galaxy A10 juga akan dibekali fitur Sound on Display (SoD) alias suara di dalam layar.

Dua teknologi tersebut merupakan bagian dari empat fitur baru yang disematkan pada panel AMOLED baru yang dikembangkan Samsung.  Pada Oktober lalu, Samsung diketahui menggelar acara bertajuk “2018 Samsung OLED Forum” yang berlangsung di sebuah hotel di Shenzen, China.

Baca Juga:   Techno Trick: Intip Status WhatsApp Tanpa Diketahui Pengguna, Nih Caranya!

Pada presentasi, perwakilan Samsung menjabarkan empat fitur baru pada layar AMOLED yang akan mulai bergulir tahun 2019.

Selain Fingerprnt on Display dan Sound on Display, ada pula fitur under-screen sensor  (UPS) yang diperkirakan termasuk penanaman sensor kamera bawah layar, serta fitur touch -sensitive (HoD) yang masih misterius.

Khusus untuk teknologi Sound on Display agaknya juga tak terlalu baru. Xiaomi sebelumnya sudah menyematkan teknologi serupa pada flagship Mi Mix 3 menggunakan piezoelectric speaker yang ditanam di bawah layar untuk mentransmisi suara langsung ke telinga pengguna.

Namun bisa jadi teknologi yang akan digunakan Samsung akan berbeda dengan yang digunakan Xiaomi.