Gampang Tertidur di Malam Hari? Ini Alasannya

REKANBOLAMudah tidur di malam hari setelah seharian menjalankan aktivitas, rasanya seperti di surga. Jika Kamu tergolong orang yang gampang tidur, pernahkah mempertanyakan penyebabnya?

Beberapa orang mungkin mengalami situasi semacam ini dalam hidupnya. Mungkin, Kamu hanya menganggapnya sebagai tanda tidur yang sempurna, tetapi tidak selalu demikian.

Dilansir dari Times of India, Senin, 21 Oktober 2019, Sleep Onset Latency (SOL), yang disebut sebagai jumlah waktu yang digunakan seseorang untuk beralih dari sepenuhnya bangun menjadi tidur, tergantung pada beberapa hal, dan alasan yang paling umum adalah seberapa lelahnya Kamu.

Jika Kamu merasa sangat lelah, Kamu mungkin akan cepat tertidur. Namun, sebaliknya, jika harimu santai, mungkin butuh waktu agak lama untuk bisa tertidur. Ini adalah alasan lain mengapa Kamu akan tertidur nyenyak di hari kerja dan merasa sulit untuk menutup mata di akhir pekan.

Tapi, ini tidak selalu terjadi, kadang-kadang mungkin Kamu merasa sangat lelah, namun tak kunjung tidur, karena insomnia dan masalah lainnya. Orang yang tertidur dengan cepat biasanya tidak ingat persis apa yang terjadi beberapa menit sebelum mereka tertidur, dan mereka bahkan tidak dapat mengingatnya sama sekali. Ini dikenal sebagai amnesia mesograde.

Menurut beberapa peneliti, amnesia mesograde adalah hasil dari kumparan tidur atau semburan aktivitas di hippocampus otak selama transisi dari terjaga ke tidur.

Tertidur seketika juga tidak selalu berarti ada yang salah dengan Kamu. Ini bisa jadi karena Kamu kurang tidur. Secara umum, dibutuhkan waktu 15-20 menit bagi seseorang untuk bisa tidur nyenyak. Jika lebih dari ini, Kamu mungkin akan mengalami insomnia.

Baca Juga:   Tampil Sebagai Bintang Iklan Saus Tomat, Ed Sheeran Gebrak Tradisi Makan di Restoran

Jika sehari-hari Kamu tidur selama 6 jam, namun mudah tertidur di malam hari, ini berarti tubuh  menginginkan lebih banyak tidur. Tidak hanya di malam hari, jika kebiasaan tidur cepat meluas ke siang hari, maka itu bisa menjadi pertanda sleep apnea dan narkolepsi. Hal ini juga bisa disebabkan oleh depresi.

Yang perlu digarisbawahi adalah jika Kamu mudah tertidur, itu tidak selalu berarti Kamu memiliki masalah kesehatan. Tapi, jika Kamu merasa kurang tidur, cobalah untuk tidur lagi dan lihat apakah ada perubahan. Jika memiliki masalah lain, seperti sering mengantuk di siang hari atau mendengkur, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.