Giliran Cirebon, Telkomsel Ajak Masyarakat Bijak Pakai Plastik

REKANBOLA –Pada Desember 2018 lalu, fenomena sampah plastik yang berserakan di salah satu pantai Bali, viral di media sosial. Foto viral itu diambil dengan menggunakan drone yang memperlihatkan seorang perempuan berbikini berbaring di pantai dengan banyaknya sampah di sekelilingnya.

Fenomena ini menunjukkan masalah sampah plastik di Indonesia sangat parah. Hal ini mengingat ada lebih dari 150 juta ton plastik di samudera dan setiap tahunnya sekitar 8 juta ton plastik mengalir ke laut berdasarkan data yang dirilis oleh World Economic Forum.

Oleh karenanya, berbagai pihak terus berusaha membuat gerakan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik yang berakibat pada pencemaran lingkungan. Salah satunya adalah gerakan sosial #BhayPlastik yang diinisiasi oleh Telkomsel.

Melalui gerakan #BhayPlastik, Telkomsel mengajak masyarakat untuk menunjukkan komitmen dan memberikan aksi nyata demi mengurangi penggunaan plastik sekaligus mengurangi sampah plastik. Gerakan sosial ini sudah dimulai sejak Desember 2018 lalu dan salah satu wilayah yang disasar adalah Cirebon, Jawa Barat.

“Kami percaya bahwa perubahan yang besar dapat dimulai dari sebuah aksi yang sederhana. Melalui #BhayPlastik, Telkomsel ingin memberikan perubahan besar bagi lingkungan dengan mengajak semua orang untuk mulai mengubah kebiasaan sehari-hari dalam penggunaan plastik,” ujar General Manager Prepaid Brand and Communications Telkomsel, Abdullah Fahmi dalam keterangan tertulis.

Kegiatan yang digelar di Gor Bima, Cirebon, Sabtu (2/2/2019) ini, Telkomsel mengajak generasi muda dan komunitas pencinta alam di Cirebon, untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan khususnya sampah plastik di Cirebon.

Semua orang dapat berpartisipasi dengan melakukan aksi sederhana seperti mendaur ulang plastik bekas menjadi barang bermanfaat, dan mengganti penggunaan plastik sekali pakai seperti gelas/botol, tas, serta sedotan plastik dengan tumbler, tote bag, dan stainless straw, dan lainnya.

Baca Juga:   Braida Menampik Isu Barcelona Bakal Gaet Goretzka

Dalam roadshow ini, ada beberapa kegiatan seperti Trash Run, yaitu kegiatan lari santai atau fun run yang dilakukan sembari mengambil sampah di sepanjang jalur lari, yang tujuannya untuk memberikan contoh kepada masyarakat sekitar bahwa semua bisa berkontribusi dalam gerakan peduli lingkungan dalam apa pun aktivitas yang kita lakukan.

Selain itu ada juga Plastalk, yang merupakan kegiatan edukasi mengenai bahaya sampah plastik dan cara mengubah plastik bekas menjadi karya yang berguna dan bernilai ekonomis. Roadshow ini kemudian ditutup dengan kegiatan Plastic Police, di mana peserta dapat ikut memberikan totebag gratis kepada konsumen yang datang ke convenience store untuk digunakan sebagai pengganti kantong plastik belanja.

Menariknya, kegiatan #Bhayplastik di Cirebon tidak hanya mengajak para generasi muda peduli terhadap lingkungan saja dengan bijak menggunakan plastik. Namun mereka juga diberikan sosialisasi pemanfaatan sampah plastik menjadi suatu hal yang bermanfaat dan tepat guna bagi kehidupan keseharian.

Demi mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk terlibat dalam gerakan sosial #BhayPlastik, kegiatan serupa juga diadakan di 10 kota lainnya, yakni Medan, Pekanbaru, Lampung, Serang, Bogor, Semarang, Malang, Balikpapan, Makassar, dan Manado.

Dapatkan informasi terkini tentang kegiatan sosial #BhayPlastik dengan mem-follow Instagram @Telkomsel dan mengunjungi situs resminya di sini. Jangan lupa juga untuk post aksimu dengan tagar #BhayPlastik dan follow @Telkomsel di media sosialmu. Yuk, mulai berpartisipasi dalam mengurangi sampah plastik!