Guardiola sang Genius, dari Barcelona Sampai Manchester City

REKANBOLA – Legenda Juventus, Alessandro Del Piero menyampaikan pujian yang begitu tinggi untuk pelatih Manchester City saat ini, Pep Guardiola. Del Piero mengakui Guardiola adalah pelatih genius yang kehebatannya belum bisa disamai pelatih-pelatih lain.

Nama Guardiola mulai melambung ketika dia menangani Barcelona pada tahun 2008 lalu. Kala itu, Guardiola berkembang jadi salah satu pelatih terbaik. Dia juga membentuk Barcelona jadi tim yang terkalahkan serta pernah meraih enam trofi dalam semusim.

Hingga kini, Barcelona-nya Guardiola masih disebut sebagai salah satu Barcelona terbaik sepanjang sejarah. Lionel Messi juga semakin bersinar ketika ditangani Guardiola, nyaris sempurna.

Inilah yang membuat Del Piero yakin Guardiola tidak tergantikan. Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya.

Genius Guardiola

Menurut Del Piero, Barcelona bisa sehebat sekarang ini merupakan hasil kerja keras Guardiola beberapa tahun silam. Guardiola membangun fondasi kukuh yang menjadi identitas Barca, dia menyempurnakan pekerjaan Frank Rijkaard dengan baik.

“Dia [Guardiola] adalah pelatih genius. Apa yang dia bangun di Barcelona, meraih enam gelar juara dalam setahun, itu unik,” ungkap Del Piero kepada Marca.

“Bukan hanya karena kemenangan demi kemenangan, tetapi juga karena cara mereka bermain.”

“Mereka mendominasi setiap pertandingan dan melihat mereka bermain sangat menyenangkan. Dia mencoba menerapkan taktik yang sama di negara-negara lain,” sambung Del Piero.

Peluang Juara

Guardiola pernah berkarier bersama Bayern Munchen dan terbilang sukses meski masih belum bisa menjuarai Liga Champions. Kini, bersama Man City dia berpeluang menuntaskan rasa penasaran di Liga Champions. Man City-nya Guardiola juga dikenal sebagai yang terbaik.

“Dia tidak bisa menjuarai Liga Champions bersama Bayern Munchen, tetapi sekarang dengan Manchester City dia punya kesempatan besar.”

Baca Juga:   Giggs Menuju Kursi Pelatih Timnas Wales

“Dia sudah memecahkan beberapa rekor tahun lalu dengan sepak bola yang hebat,” tandas Del Piero.

Biar begitu, Guardiola sendiri tidak mau menyombong di Liga Champions. Dia berulang kali mengatakan bahwa Man City masih belum siap serta ada banyak tim kuat lainnya yang lebih mungkin juara.