Hadapi Serbuan Barang Asing, IWAPI Minta Masyarakat Cintai Produk Lokal

REKANBOLA – Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Nita Yudi mengajak masyarakat agar lebih mencintai produk-produk dalam negeri dan bangga menggunakannya. Sebab, peningkatan penggunaan produk dalam negeri akan terus dibayang-bayangi oleh tingginya serbuan barang-barang impor yang datang dari luar negeri.

Dia menjelaskan, ini sebagai dampak dari implementasi berbagai perjanjian perdagangan bebas atau Free Trade Agreement (FTA) di tengah semangat penguatan daya saing industri dan pengamanan pasar produk dalam negeri.

Sehingga, dengan mencintai produk lokal, maka akan berpengaruh pada pertumbuhan industri nasional, kapasitas produksi, memperluas lapangan pekerjaan, sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

“Sebagai WNI, saya mengusulkan pemerintah mengeluarkan PP yang mewajibkan WNI menggunakan dan mencintai produk-produk dalam negeri, ini sudah pasti UMKM akan berjaya dan pemerintah pun harus memfasilitasi para UMKM untuk berani ekspor. Saya yakin, itu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tuturnya di Jakarta, Minggu (16/12).

Sementara itu, Ketua Bidang Perdagangan DPP IWAPI Nana Krit Cidharta menyatakan, tingkat konsumsi masyarakat yang besar harus membantu memberikan keuntungan bagi produsen dalam negeri melalui penyerapan produk-produk yang dihasilkan.

Dengan demikian, kelangsungan dan potensi pengembangan usaha akan tetap terjamin dan pada akhirnya akan menyelamatkan pendapatan pekerja lokal serta membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi angkatan kerja di Indonesia.

“Setelah deklarasi ini, IWAPI akan memberikan contoh kepada masyarakat dengan cara selalu memakai produk Indonesia, karena dengan memakai produk Indonesia kita membantu pemerintah dalam memutar roda perekonomian,” ujar dia.

Baca Juga:   Tiket Pesawat Resmi Turun Harga, Berikut 5 Fakta Perlu Diketahui Pembaca