Hangatnya Pertemuan Trump-Kim, Tepukan di Punggung dan Sentuhan

Rekanbola – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un saling menunjukkan bahasa tubuh atau gesture hangat saat bertemu untuk pertama kalinya di Singapura. Trump menepuk punggung Kim Jong-Un dan sebaliknya, Kim Jong-Un sempat menyentuh siku Trump.

Seperti dilansir CNN dan Channel News Asia, Selasa (12/6/2018), momen bersejarah saat keduanya bertemu pertama kali diawali dengan jabat tangan selama beberapa detik. Trump sempat memegang lengan atas Kim Jong-Un secara singkat pada awal keduanya berjabat tangan dan kemudian meletakkan tangannya di punggung Kim Jong-Un untuk mengarahkannya ke ruangan tempat keduanya berbicara secara one-on-one.

Bahasa tubuh hangat antara Trump dan Kim Jong-Un tidak berhenti di situ. Saat keduanya berbicara sambil berjalan di koridor Hotel Capella, Trump terlihat beberapa kali menyentuh Kim Jong-Un. Trump juga tampak menepuk punggung dan menyentuh siku Kim Jong-Un.

Kim Jong-Un dan Trump juga tampak tersenyum lebar di tengah percakapan.

Pada momen lainnya, Kim Jong-Un juga sempat terlihat menyentuh siku Trump saat keduanya terlibat pembicaraan singkat di koridor hotel. Momen ini tertangkap kamera wartawan.

Di dalam ruangan tempat digelarnya pertemuan one-on-one, Trump dan Kim Jong-Un kembali berjabat tangan. Trump juga sempat mengacungkan jempolnya saat Kim Jong-Un menyebut keduanya ‘mengatasi semua hambatan’ untuk bisa bertemu di Singapura.

Usai pertemuan one-on-one, keduanya akan mengikuti pertemuan bilateral yang lebih luas pada pukul 10.00 waktu setempat. Selanjutnya, makan siang bersama akan digelar pukul 11.30 waktu setempat yang juga melibatkan delegasi AS dan Korut. Pertemuan ini merupakan pertemuan pertama antara kepala negara AS dan Korut dalam sejarah.

Baca Juga:   Makna Ucapan Imlek 2019: Gong Xi Fa Cai

 

 

(Sumber : detik.com)