Harga minyak kembali terkoreksi di awal perdagangan pekan ini

REKANBOLA – Harga minyak kembali terkoreksi di awal perdagangan pekan ini. Senin (3/6) pukul 07.00 WIB, harga minyak jenis west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2019 di New York Mercantile Exchange ada di US$ 52,77 per barel, melorot 1,36% dibanding akhir pekan lalu yang ada di US$ 53,50 per barel.

Koreksi harga minyak dipicu oleh aksi China merilis kebijakan agresif pasca kegagalan perundingan dagang dengan Amerika Serikat.

Mengutip Bloomberg, pemerintah China menyatakan akan bekerjasama dengan Amerika Serikat untuk meredakan tensi perang dagang yang meluas. China juga mencatat tindakan perdagangan AS telah membuat kerusakan serius pada ekonominya, dengan meningkatkan biaya produksi, menyebabkan kenaikan harga, merusak pertumbuhan dan mata pencaharian masyarakat serta menciptakan hambatan bagi ekspor AS ke China.

Yang terbaru, AS mengancam akan mengenakan tarif impor terhadap barang-barang dari Meksiko dan berjanji akan menaikkannya secara bertahap  jika Meksiko tak bisa mencegah laju imigran gelap ke AS.

Baca Juga:   Pembangunan Toko RI di Perbatasan Malaysia Rampung 2019