Harga Paket Data di Indonesia Termasuk Termurah di Dunia

REKANBOLA  – Buat kamu yang suka mengeluh harga paket data di Indonesia mahal, ada baiknya tengok hasil riset dari Cable satu ini. Perusahaan asal Inggris tersebut baru saja merilis hasil survey mengenai harga paket data di seluruh dunia.

Ada 230 negara yang mereka data dari riset tersebut. Hasilnya, Indonesia menduduki peringkat ke 17. Satu catatan, semakin tinggi peringkat suatu negara, maka semakin murah harga paket data di sana. Bukan hasil yang mengecewakan tentunya.

Cable menyebut rataan harga data seluler sebesar 1GB di Indonesia berada di angka USD 1,21, atau hanya sekitar Rp 17 ribu. Lebih mengejutkan lagi jika melihat harga termurahnya.

Di Tanah Air, harga termurah untuk data seluler 1GB hanya USD 0,13, atau sekitar Rp 1.800. Sedangkan yang termahal menyentuh angka USD 4,25, atau kurang lebih setara Rp 60 ribu. Angka itu sendiri didapat Cable dengan melihat 60 paket data yang ditawarkan di Indonesia.

Torehan tersebut membuat RI menduduki posisi ketiga sebagai negara dengan paket data termurah di Asia Tenggara. Posisi pertama ditempati Myanmar, yang disusul Malaysia. Jika melihat daftar dari Cable secara global, Myanmar berada di posisi 9, sedangkan Malaysia ada di peringkat 15.

India jadi negara dengan paket data termurah di dunia. Rataan harga 1GB data seluler di sana hanya USD 0.26, atau sekitar Rp 3.600. Jika di sini, mungkin uang tersebut sama dengan sebungkus mie instan ditambah beberapa permen.

Sedangkan titel negara dengan paket data termahal di dunia menjadi milik Zimbabwe. Di sana, rata-rata data seluler sebesar 1GB menyentuh angka USD 75,20, atau sekitar Rp 1 juta. Sedangkan harga tertingginya bisa mencapai USD 138,46, atau hampir Rp 2 juta.

Baca Juga:   Sambut Harbolnas, Xiaomi Pangkas Harga Ponselnya

Bayangkan, jika uang sebesar itu bisa digunakan untuk membeli 1 smartphone di Indonesia, maka di Zimbabwe hanya dapat data seluler 1GB. Tak mengherankan jika beberapa pertandingan sepak bola di sana menghadiahkan paket data untuk pemain terbaik alias MVP karena harganya yang amat mahal.

Tak lupa, Cable juga mencantumkan rataan harga data seluler 1GB di seluruh dunia. Ia menyebut banderolnya berada di angka USD 8,53, atau sekitar Rp 120 ribu.