Hasil Liga Champions: Drama VAR dan Penalti, MU Singkirkan PSG

REKANBOLA – Manchester United secara dramatis lolos ke perempatfinal Liga Champions. VAR dan penalti di menit-menit akhir mengantarkan MU kalahkan Paris Saint-Germain 3-1.

MU bertandang ke Parc de Princes, Kamis (7/3/2019) dinihari WIB pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, dalam posisi tertinggal 0-2 secara agregat. Start bagus dicatatkan MU setelah Romelu Lukaku membawa mereka memimpin 1-0 di menit kedua.

PSG merespons dengan gol Juan Bernat di menit ke-12. Tapi MU kembali menjaga peluang dengan gol kedua Lukaku pada menit ke-30.

Saat laga tampak akan berakhir dengan skor 2-1 untuk MU (agregat 3-2 untuk keunggulan PSG), dramat tercipta. Di masa injury time, MU mendapatkan penalti setelah wasit mengubah keputusan, dari sebelumnya memberikan sepak pojok.

Marcus Rashford tak membuang kesempatan itu dan menaklukkan Gianluigi Buffon. MU pun menang 3-1, lolos dengan keunggulan gol tandang dalam agregat 3-3.

Jalannya Pertandingan

Belum genap dua menit laga berjalan, MU sudah memetik keunggulan berkat kesalahan pertahanan PSG. Thilo Kehrer melakukan umpan ceroboh mengarah ke Thiago Silva, yang berhasil dipotong Romelu Lukaku.

Lukaku lantas melewati Gianluigi Buffon dan menceploskan bola dari sudut sempit.

PSG nyaris membalas di menit ketujuh. Juan Bernat merangsek di kiri dan mengirimkan umpan silang mendatar, namun bola masih sedikit terlalu deras untuk disambar Kylian Mbappe.

PSG benar-benar mencetak gol di menit ke-12. Mbappe lolos dan mendapatkan bola di sisi kanan, lalu melepaskan umpan silang. Bola disambar Bernat di sisi kiri, yang tak terawasi pergerakannya oleh pertahanan MU.

PSG mencoba mendominasi penguasaan bola dan mengatur tempo pertandingan. Berawal dari kombinasi Mbappe dan Angel Di Maria di menit ke-20, Bernat mendapatkan ruang di sisi kiri.

Baca Juga:   Guardiola Ternyata Kagum Pada Mourinho dan Klopp

Tembakan keras Bernat masih bisa dihalau David De Gea. Semenit berselang, Di Maria melepaskan percobaan tak jauh dari kotak penalti dan masih melebar tipis ke kanan.

MU kembali memimpin di menit ke-30. Marcus Rashford melepaskan sepakan keras yang gagal ditangkap Buffon. Bola liar lalu disambar Lukaku dari jarak dekat.

Enam menit berselang, Rashford lolos di sisi kanan dan menerima umpan terobosan dari Ashley Young. Sepakannya melebar dan belakangan wasit meniup peluit tanda offside.

Sampai babak pertama selesai, tak ada peluang berarti lain maupun gol tercipta. MU memimpin 2-1 atas PSG.

PSG mencetak gol di menit ke-56, ketika Di Maria menuntaskan umpan terobosan Mbappe dengan cungkilan melewati De Gea. Namun hakim garis mengangkat bendera, gol pun batal.

Julian Draxler menusuk di kanan dan melepaskan umpan silang. Mbappe menyambut bola dengan tendangan voli, hanya melambung saja.

PSG menjaga tempo permainan rendah memasuki 10 menit terakhir waktu normal. Tusukan Di Maria diikuti umpan ke Mbappe. Mbappe gagal mengontrol bola dengan sempurna dan serangan kandas.

PSG membuang peluang bagus untuk mematikan peluang MU di menit ke-84. Mbappe lolos dan tinggal menghadapi kiper, tapi dia kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

Bola kemudian bergulir ke kaki Bernat, setelah coba dibuang bek MU. Bernat melepaskan tembakan dari sudut sempat dan cuma menghantam tiang.

Sebuah serangan cepat dari MU di menit ke-90 diakhiri sepakan keras Diogo Dalot dari depan kotak penalti. Bola membentur Presnel Kimpembe dan wasit sempat memutuskan korner.

Tapi Video Assistant Referee (VAR) meninjau insiden itu dan menyatakan terjadi hands ball, sehingga penalti diberikan untuk MU. Rashford maju sebagai eksekutor dan berhasil menaklukkan Buffon.

Baca Juga:   Presiden Lazio: SMS Lebih Mahal dari Paul Pogba

Sampai laga usai, tak ada lagi gol tercipta. MU sukses membalikkan keadaan dan menyingkirkan PSG.

Susunan pemain:

PSG: Gianluigi Buffon; Thilo Kehrer (Leandro Paredes 71′), Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Dani Alves (Edinson Cavani 95′), Marquinhos, Marco Verratti, Angel di Maria; Julian Draxler (Thomas Meunier 70′); Kylian Mbappe

MU: David de Gea; Chris Smalling, Eric Bailly (Diogo Dalot 36′), Victor Lindelof; Ashley Young'(Mason Greenwood 87′), Fred, Scott McTominay, Andreas Pereira (Tahith Chong 80′), Luke Shaw; Romelu Lukaku, Marcus Rashford