Hasil Liga Spanyol: Barca Tumbangkan Madrid di Bernabeu

REKANBOLA – Barcelona berhasil mengalahkan Real Madrid 1-0. Gol kemenangan dicetak oleh Ivan Rakitic pada babak pertama.

Bermain di Santiago Bernabeu, Minggu (3/3/2019) dinihari WIB, Madrid sempat lebih dulu memberi ancaman ke gawang Barca. Beberapa tembakan belum mampu merobek gawang Blaugrana.

Barca justru unggul 1-0 duluan lewat gol Rakitic. Skor itu bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Madrid dan Barca saling jual-beli serangan. Namun, tak ada gol tambahan yang mampu bersarang hingga laga tuntas.

Kemenangan ini membawa Barca memimpin klasemen LaLiga dengan 60 poin dari 26 laga. Unggul 10 angka dari Atletico Madrid di tempat kedua dari 25 laga. Di sisi lain, Los Blancos tertahan di posisi ketiga dengan 48 poin.

Jalannya Pertandingan

Madrid langsung tancap gas di awal. Tembakan pertama Madrid datang di menit kedua lewat tendangan bebas Gareth Bale, namun bola masih melambung di atas gawang Barca.

Ancaman kembali dibikin Madrid pada menit kesembilan. Karim Benzema melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti Barca yang arah bolanya masih melebar.

Tembakan ke arah gawang Madrid baru datang di menit ke-12. Toni Kroos menyambar bola rebound hasil tembakan Raphael Varane, namun Marc-Andre ter Stegen masih sigap menghentikan laju bola.

Vinicus berhasil masuk ke kotak penalti Barca di menit ke-22 setelah menyisir dari sisi kiri. Pria asal Brasil itu kemudian melepas umpan tarik ke arah Luka Modric untuk melepaskan tembakan. Bola gagal bersarang ke gawang Barca setelah mampu diblok Gerard Pique sambil menjatuhkan badan.

Madrid yang sejak awal laga bermain ngotot malah tertinggal lebih dulu di menit ke-26. Ivan Rakitic berhasil berhadapan satu lawan satu dengan Courtois dan mencungkil bola untuk melewati kiper. 1-0 Barca memimpin.

Baca Juga:   Pesan Javier Zanetti untuk Barcelona: Lautaro Martinez Tidak Dijual!

Barca mendapat tendangan bebas di menit ke-36 setelah Rakitic ditekel oleh Sergio Regulon. Messi menjadi eksekutor tendangan bebas, namun arah bola belum menuju gawang.

Courtois bikin penyelamatan di menit ke-39. Kiper Madrid itu menepis tembakan Suarez dan menghentikan bola rebound yang disambar Messi.

Jelang turun minum, Ramos dan Messi saling berselisih. Hal itu dipicu dari ayunan tangan Ramos yang mengenai wajah Messi.

Tak ada gol tambahan di hingga babak pertama usai meski kedua tim saling jual-beli serangan. Barca untuk sementara unggul 1-0.

Madrid langsung menekan pertahanan Barca di awal babak kedua. Umpan silang mengarah ke Benzema yang ada di depan gawang, namun dia gagal menjangkau bola.

Suarez berhasil memasuki kotak penalti di menit ke-52, tetapi momentum tembakan tak diambilnya. Varane datang mendekat dan membuat Suarez kehilangan keseimbangan saat Courtois datang. Bola berhasil ditahan untuk tidak keluar dari lapangan, tetapi umpannya kepada Messi berhasil dibaca Ramos.

Vinicius berhasil memasuki kotak penalti Barcelona dan mendapatkan ruang tembak. Ter Stegen berhasil menepis bola dengan satu tangan.

Di menit ke-57 giliran Ousmane Dembele yang melepas tembakan. Bola meluncur deras, namun masih bisa ditangkap oleh Courtois.

Vinicius melepas tembakan dari dalam kotak penalti di menit ke-59. Bola belum mampu merobek gawnag Barca setelah diblok Clement Lenglet dengan perutnya.

Umpan Messi berhasil dibawa Dembele mendekati gawang pada menit ke-70. Pria asal Prancis itu mendapat ruang tembak, namun arah bola masih melebar dari gawang.

Tensi permainan mulai meninggi. Beberapa kali wasit sampai harus meniup peluit tanda pelanggaran.

Madrid beberapa kali coba menekan pertahanan Barca dari sisi kiri di 10 menit akhir pertandingan. Lini belakang tim tamu masih sangat tangguh untuk Madrid.

Baca Juga:   Ini Alasan Luis Suarez Tak Semangat Selebrasi Saat Lawan Huesca

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Barca memenangi El Clasico dengan skor 1-0.

Susunan Pemain:

Real Madrid: Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Sergio Ramos, Raphael Varane, Sergio Reguilon; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Gareth Bale, Karim Benzema, Vinicius.

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arthur; Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele.