Hasil Piala AFC: Sempat Tertinggal, Persija Bekuk Shan United 3-1

REKANBOLA – Persija Jakarta mengemas kemenangan perdananya di Piala AFC 2019. Menghadapi Shan United di laga kedua Grup G, Macan Kemayoran menang 3-1.

Bertanding di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Selasa (12/3/2019), Shan United, klub asal Myanmar, bisa mengejutkan Persija lebih dulu. Meski bisa menekan, gawang Shahar Ginanjar yang bobol lebih dulu.

Adalah Ryo Nakamura yang membobol gawang Persija pada menit ke-15. Memanfaatkan bola rebound, pemain asal Jepang berusia 30 tahun itu membawa tuan rumah unggul 1-0.

Tertinggal, Persija coba menekan. Bruno Matos beberapa kali melakukan penetrasi ke kotak penalti, namun upayanya masih selalu bisa diredam barisan belakang Shan United.

Di menit ke-27, percobaan dilakukan Bruno. Ia merangsek ke kotak penalti dari kanan dan melepaskan sepakan, namun bolanya masih belum menemui sasaran.

Di menit ke-33, peluang kembali didapat Persija. Heri Susanto mengirim umpan terobosan menyilang ke kotak penalti dan bisa diterima Silvio Escobar, namun sepakan pemain asal Paraguay itu masih terlalu lemah.

Pada menit ke-42, peluang terbaik dimiliki Persija dari bola mati. Bruno Matos melepaskan tendangan bebas dari sisi kiri, dan bolanya membentur mistar atas gawang Shan United. Bola kemudian sempat disambar Riko Simanjuntak, namun cuma berujung tendnagan sudut. Hingga jeda, skor tak berubah untuk keunggulan Shan United.

Di babak kedua, Persija banyak menekan tuan rumah. Pada menit ke-58, tekanan Persija membuat kiper Shan United Myo Min Latt membuat kesalahan.

Myo Min Latt menangkap bola backpass dari rekannya di dalam kotak penalti, sehingga Persija diberi tendangan bebas dekat dengan gawang lawan. Bruno Matos yang jadi eksekutor, gagal memanfaatkannya karena bolanya membentur pemain Shan United.

Baca Juga:   Final Piala Dunia 2018: Prancis Waspadai Kroasia yang Spesial

Dua menit berselang, Escobar kembali mendapat peluang. Dari sepak pojok di sisi kanan, sundulannya masih tipis dari gawang Shan United. Tekanan Persija baru membuahkan hasil di menit ke-66.

Bruno Matos menyamakan skor menjadi 1-1. Memanfaatkan umpan terobosan ke kotak penalti, gelandang serang asal Brasil itu tanpa kesulitan menaklukkan Myo Min Latt dengan sepakan kaki kirinya.

Peluang bagus didapat Persija pada menit ke-75, setelah Heri Susanto mendapat umpan terobosan ke kotak penalti. Tinggal berhadapan dengan kiper Shan United, ia gagal menaklukkan setelah sepakannya bisa diblok. Tapi dua menit berselang, Persija bisa mendapat gol keduanya.

Dari sepak pojok, Steven Paulle merobek gawang Shan United. Meski mendapat pengawalan, kakinya masih bisa menyambar bola kiriman tendangan sudut dan mengirimnya masuk ke gawang.

Shan United, yang berbalik tertinggal, gantian menekan. Di menit ke-81, sebuah crossing dari sisi kanan membahayakan gawang Persija, Maman Abdurahman yang menghalaunya, membuat bola nyaris masuk ke gawang sendiri. Bola kemudian keluar dan menjadi sepak pojok.

Pada menit ke-83, Persija mendapat gol ketiganya. Berawal dari serangan balik cepat, Bruno Matos yang mendapat sodoran dan tinggal berhadapan dengan Myo Min Latt, tak kesulitan mencetak gol ketiga timnya. Skor menjadi 3-1.

Shan United banyak menekan di sisa waktu normal. Salah satunya dari Maycon, di mana sepakan kaki kirinya masih tipis dari gawang Persija yang dijaga Shahar Ginanjar. Hingga laga tuntas, kemenangan 3-1 Persija atas Shan United tetap bertahan.

Hasil ini membuat Persija mendulang empat poin dari dua laga, setelah di laga perdana ditahan imbang Becamex Binh Duong 0-0. Kini Persija sementara memimpin Grup G dengan empat poin, unggul satu angka dari Cerez-Negros, yang baru akan bertanding melawan Becamex beberapa saat lagi.

Baca Juga:   Hasil Piala Presiden: Persija Lumat Borneo FC 5-0

Susunan Pemain

Shan United: Myo Min Latt, Hein Thiha Zaw, Htike Htike Aung, David Htan, Ye Min Thu, Zin Min Tun, Hedipo Conceicao, Ryo Nakamura, Set Phyo Wai, Yan Naing oo, Maycon

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar, Dany Saputra, Steven Paulle, Maman Abdurahman, Ismed Sofyan, Ramdani Lestaluhu, Bruno Matos, Rohit Chand, Heri Susanto, Riko Simanjuntak, Silvio Escobar