Hasil Piala Presiden: Kalteng Putra Kalahkan Persipura 3-1

REKANBOLA – Kalteng Putra berhasil mengalahkan Persipura Jayapura 3-1 di laga Piala Presiden 2019. Hasil ini membawa mereka untuk sementara menjadi pemuncak klasemen Grup C.

Berlaga di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Sabtu (16/3/2019), Persipura membuka peluang pada menit ke-4. Bola sepakan Boaz Solossa menyambut umpan Inyoman Ansanay masih melebar.

Tim berjulukan Enggang Borneo membalas pada menit ke-16. Tendangan jarak jauh Pandi Lestaluhu tak mampu diantisipasi oleh Dede Sulaiman, namun bola masih menerpa mistar gawang Mutiara Hitam.

Menjelang akhir babak pertama, Persipura lebih mendominasi laga. Peluang beruntun didapat lewat sepakan jarak jauh M. Tahir pada menit ke-38 serta usaha Wallacer tiga menit berselang. Semuanya mentah di tangan Dimas Galih. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, laga tetap berlangsung sengit. Peluang berbahaya dihadirkan Kalteng Putra pada menit ke-61. Bola sepakan bebas Diego Campos dari sisi kiri membentur tiang gawang Dede Sulaiman.

Gol di laga ini baru tercipta pada menit ke-68. Persipura memimpin 1-0 lewat Luiz Pillar. Gol lahir dari tendangan luar kotak penalti yang tak sempurna ditepis oleh Dimas Galih. Bola liar langsung disambar Pillar.

Keunggulan Persipura ini hanya bertahan dua menit. Patrich Wanggai mencetak gol indah lewat sepakan voli yang menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Wanggai kembali menjadi momok bagi lini belakang pertahanan Mutiara Hitam. Mantan penyerang Persib Bandung ini membawa Enggrang Borneo berbalik unggul 2-1 pada menit ke-73.

Pemain asal Papua itu memanfaatkan kesalahan koordinasi antara Andre Ribeiro dan Dede Sulaiman. Wanggai mampu menyerobot bola untuk melewati kiper Persipura sebelum mencetak gol.

Pada menit ke-76, Kalteng Putra memperbesar keunggulan menjadi 3-1 lewat Michael Rumere. Bola tembakan dari jarak jauh Rumere meluncur deras menembus jala Persipura.

Baca Juga:   Tolak Manchester City dan Arsenal, Benjamin Pavard Mantap Gabung Bayern Munchen

Skor 3-1 mampu dipertahankan oleh Kalteng Putra hingga akhir laga. Kemenangan ini membuat Kalteng Putra untuk sementara memuncaki Grup C dengan enam poin di atas Persipura yang juga punya poin sama.

Posisi ini tidak membuat Kalteng Putra otomatis lolos ke perempatfinal. Mereka masih harus menunggu laga terakhir di Grup C antara PSIS Semarang melawan PSM Makassar.

Jika PSIS gagal menang, maka Kalteng Putra langsung melaju ke Perempatfinal.

Susunan Pemain

Persipura : Dede Sulaiman; Andre Ribeiro, Valentino Telaubun, Ricardo Salampessy, Inyoman Ansanay; M Tahir, Imanuel Wanggai, Wallacer; Boaz Solossa, Luis Pillar, Titus Bonai

Kalteng Putra : Dimas Galih; Bobby Satria, OK John, Rafael, Wasyiat Hasbullah; Fajar Handika, I Gede Sukadana; Pandi Lestaluhu, Yohanes Pahabol; Elthon Eliazer Maran; Diogo Campos.