Hendak Obati Sakit Kepala, Pria Ini Tak Sengaja Telan Pembersih

Rekanbola – Seorang pria di Swiss harus merelakan kerongkongannya terkikis oleh bahan kimia yang sangat korosif. Saat hendak mengobati sakit kepala, tak sengaja ia menelan tablet pembersih.

Bleach tablet yang mengandung basa kuat NaOH atau sodium hidroksida tersebut ditelannya dengan segelas air putih. Selain harus dirawat beberapa pekan di rumah sakit, ia juga harus kehilangan suara karena jaringan di kerongkongannya mengalami kematian.

Tragedi ini berawal ketika pria 65 tahun tersebut mengalami sakit kepala. Saat hendak minum pereda nyeri asetaminofen, ia salah ambil tablet pembersih yang disimpan dekat dengan saluran pembuangan di dapur.

Seketika, ia merasakan mulut dan kerongkongannya terbakar. Meski sudah berusaha mengeluarkan potongan tablet yang tersisa, ia tetap merasakan sakit luar biasa sehingga harus masuk unit gawat darurat di rumah sakit.

Di rumah sakit, kondisinya sempat membaik setelah diberi pereda nyeri jenis opioid. Namun 6 jam kemudian, kondisinya memburuk lagi dan disertai susah bernapas serta nyeri hebat di kerongkongan. Ia juga mulai kehilangan suara.

Pemeriksaan menunjukkan, jaringan di atas kerongkongan pria ini mengalami nekrosis atau kematian jaringan. Dokter di Geneva University Hospital juga menemukan pembengkakan di laring atau rongga suaranya.

Kasus yang dilaporkan dalam BMJ Case Reports ini berakhir dengan trakeostomi, yakni operasi melubangi leher pria tersebut.

Kasus tak sengaja menelan bahan kimia korosif seperti pembersih semacam itu disebut relatif sering terjadi, sekitar 200 ribu kasus per tahun di Amerika Serikat. Namun biasanya dalam bentuk cairan, sangat jarang terminum dalam bentuk tablet seperti dalam kasus ini.

 

 

(Sumber : detik.com)

Baca Juga:   Sosok Razan, Perawat Muda Palestina yang Tewas Ditembak Israel