Ini Hal Sepele yang Bikin Teh yang Anda Seduh Kurang Enak

Rekanbola.com – Menyeduh teh tak sekedar menuangi teh dengan air panas. Banyak penelitian dilakukan untuk mencari cara menyeduh teh yang sempurna.

Perdebatan tentang bagaimana membuat secangkir teh yang sempurna telah berlangsung lama. Akhirnya ditemukan adaya satu kesalahan umum yang bisa merusak citarasa teh.

Teh merupakan salah satu minuman kedua setelah air putih yang disukaii hampir oleh semua orang. Teh biasanya disajikan sebagai minuman hangat atau dingin pengganti kopi. Kecuali teh murni juga ada teh dengan susu, teh kemasan, hingga teh herbal yang berfungsi sebagai minuman kesehatan.

Perdebatan soal penyeduhan teh berkisar antara kantung teh atau teko sebagai metode penyeduhan. Apakah susu dituang lebih dulu atau setelah teh dituang. Juga soal berapa lama waktu yang dibutuhkan agar teh terseduh dengan sempurna.

Ini Hal Sepele yang Bikin Teh yang Anda Seduh Kurang EnakFoto: iStock

Dalam membuat teh, setiap orang memiliki caranya masing-masing, tapi menurut The Sun (22/18) ada satu unsur dalam pembuatan teh yang sering kita lupakan. Ternyata ketel teh bisa merusak rasa teh, tidak perduli cara penyeduhan teh apa yang dgunakan.

Menurut berapa ahli, tidak membersihkan ketel sebelum menyeduh air panas untuk teh merupakan salah satu kesalahan terbesar dalam menyeduh teh. Ini karena ada lapisan limescale, atau residu kapur yang terbentuk di ketel yang memiliki efek besar mempengaruhi rasa teh.

Tom Price, selaku Senior Buyer di JING Tea, mengatakan bahwa “Air dan penumpukan residu limescale, keduanya memiliki dampak signifikan pada rasa teh, karena ada konsentrasi mineral yang lebih tinggi seperti kalsium dan magnesium. Unsur-unsur ini bisa merusak rasa dan tekstur teh,” jelasnya.

Ini Hal Sepele yang Bikin Teh yang Anda Seduh Kurang EnakFoto: iStock

Sementara itu menurut pakar teh Mae King Tsang, air yang mengandung mineral tinggi dapat membuat rasa teh menjadi berbeda. “Ada senyawa dalam teh yang larut dalam air untuk memberikan tekstur dan rasa, sementara itu air membuat kedua tekstur dan rasa teh hilang,” ungkapnya.

Baca Juga:   Perjuangan 4 Nelayan Aceh 8 Hari Ngambang di Laut dan Selamat

“Kandungan residu limescale dan tambahan lainnya yang berada di air keran seperti klorin, salah satu cairan yang digunakan agar air keran aman untuk dimimun, juga dapat mempengaruhi rasa teh,” tambahnya.

Sebaiknya bersihkan ketel sebelum dan sesudah menyeduh teh, adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga: Menurut Peneliti, Cara Terbaik Menyeduh Teh Memakai Oven Microwave

 

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo