Ini Pemicu Gempa 7 SR di Lombok NTB

REKANBOLA –  Gempa berkekuatan 7 SR yang mengguncang Lombok Utara, NTB adalah gempa dangkal. BMKG mengungkap pemicu gempa tersebut.

“Dengan memperhatikan kondisi episenter, hiposenter, mekanisme sumbernya maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas patahan naik atau sesar naik Flores,” kata Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers di Kantor BMKG, Jl Angkasa I, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (5/8/2018).

Gempa ini terjadi pada pukul 18.46 WIB dengan kekuatan 7 SR pada kedalaman 15 km. Pusat gempa 18 km Barat Laut Lombok Timur NTB.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik,” ungkapya.

Gempa 7 SR ini merupakan satu rangkaian dengan gempa 6,4 SR pekan lalu yang berpusat di Lombok Timur. Gempa hari ini adalah gempa bumi utama.

“Mengingat episenter atau pusat gempanya relatif sama dengan gempa bumi pada 29 Juli 2018 lalu, maka BMKG menyatakan bahwa gempa bumi ini yang baru saja terjadi merupakan gempa bumi utama atau main shock,” jelas Dwikorita.

Tonton juga ‘Detik-detik Gempa Guncang Lombok’:

( Sumber : detik.com )

Baca Juga:   Iran Tuding AS Sebarkan 'Iranophobia' di Dunia Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *